Yoga HealingTherapy

PESRAMAN MARKANDEYA YOGA

YOGA HEALING BALI

Adalah suatu lembaga yang mengajarkan kesadaran hidup sehat secara pisik, mental dan Jiwa sepiritual yang merasaskan ajaran Yoga Hyang Rsi Markandeya yang di turunkan di Bali. Di lembaga ini kita akan diajarkan praktek langsung, mengolah badan , mengolah rasa, mengolah jiwa. Sehingga kesadaran hidup selalu terjaga keseombangannya baik dalam diri maupun luar diri.  Pesraman  Markandeya Yoga  (yoga Healing Bali ) ,  telah didirikan di Ubud dan denpasar, serta telah di buka klinik konsultasi .  Bagi yang berkeinginan iku pelatihan Yoga Bali atau konsultasi kesehatan dengan therapy Yoga. Silahkan Datang ke.

1.Yoga Healing Denpasar. Jalan Hayam wuruk 104 Denpasar. Hubungi Bunda Dian.  HP: 082145142424.

2, Yoga Healing Ubud, Jalan Raya Lungsiakan, Kedewatan, Ubud, Gianyar. Hubungi Guru Made Sumantra. Hp: 087861187825

Untuk keterangan Lebih Lanjut silahkan buka website kami: www.yogahealingbali.com  atau email: balineseyoga@yahoo.com

PESRAMAN MARKANDEYA YOGA, YOGA HEALING BALI – Belakangan yoga semakin digandrungi. Pasalnya, olahraga ini mudah dilakukan dan dapat dilakukan sendiri di rumah, sehingga bebas biaya. Yoga secara tidak langsung bukan saja menyentuh tubuh, tetapi yoga menyentuh saraf-saraf di otak, sehingga seluruh tubuh mengikuti keadaan otak. Jadi, jika otak menjadi tenang maka tubuh juga akan menjadi tenang. Berbeda dengan olahrga lainnya yang hanya “menyentuh” tubuh, dalam yoga yang disentuh dari dalam tubuhnya.

Dengan ketanangan jiwa, emosi tidak bergejolak dan pikiran jernih maka pengambilan keputusan menjadi lebih baik. Hal ini dengan sendirinya keindahan dari dalam tubuh akan terpancarkan melalui tubuh di luar. Hasil akhirnya jiwa seseorang menjadi cantik dan tubuhnya juga cantik. Yoga juga membuat seseorang bisa mengendalikan tingkat stres. Dengan mengendalikan stres dengan proporsi yang cukup maka tidak menyebabkan kegelisahan.

Tanpa stres, tentu seseorang akan menjadi cantik dan awet muda. Pasalnya, pada saat stres, tubuh mengeluarkan hormon stres atau kortisol. Pelepasan hormon ini mengakibatkan terjadinya perubahan proses metabolisme tubuh. Kortisol memicu ketidaknormalan kadar gula darah, mempercepat pengeroposan tulang, serta mengganggu sistem kekebalan tubuh. Karena itu orang stres mudah terserang penyakit. Bahkan pada permpuan hormon kortisol bisa memicu naiknya berat badan.  Pada saat melakukan yoga, ada yang disebut mempertahankan suatu postur, sehingga terjadi peregangan dan membuat keringatan. Dan ketika itu sirkulasi darah mengalir dengan lancar sehingga aliran darah di dalam oksigen pun berjalan dengan lancar. Dengan demikian, ketika melakukan gerakan yoga terjadi semacam detoksifikasi. Selain itu dalam teknik-teknik yoga yang disebut kapalbahati. Artinya orang yang melakukan napas itu biasanya wajahnya bercahaya. Cahaya ini datangnya dari dalam.

Orang yang melakukan yoga tidak sekedar olahraga saja, tetapi juga melakukan inner work atau pembenahan dari dalam diri. Ketika seseorang memahami teknik-teknik meditasi maka secara mentalnya dia akan menjadi lebih tenang maka pancaran kecantikannya akan keluar.

Di samping itu, dalam yoga pernapasan sangat diatur. Dengan bernapas secara sempurna, paru-paru hingga diagfragma maka oksigen akan menyebar ke seluruh tubuh, termasuk organ pencernaan. Pencernaan berkaitan dengan emosi. Tak heran biasanya kalau orang yang stres biasanya kulitnya akan kusam karena aliran oksigen tidak mengalir dengan lancar. Ketika seseorang stres juga akan mengerutkan wajah yang justru akan mengendurkan otot-otot kulit wajah. Sebaliknya jika kita senang dan tersenyum maka akan terjadi semacam streching. Inilah yang membuat seseorang terlihat awet muda.

Olahraga termasuk yoga dapat mengeluarkan racun dan radikal bebas. Radikal bebas ini yang dapat merusak kulit menjadi keriput dan timbul vlek. Yoga membuat distribusi nutrisi untuk kulit diserap sempurna dan membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Yoga juga dapat merancang produksi kolagen. Kolagen adalah zat pengisi sel kulit yang membuat kulit yang menjadi kenyal dan kencang. Seiring bertambahnya usia produksi kolagen berkurang sehingga kulit menjadi kering dan berkerut.

Tambah “Lengket”. Yoga tak hanya membuat awet muda tetapi juga membuat Anda dan pasangan bertambah lengket. Anda pun akan mendapatkan kebahagiaan luar dan dalam. Otot-otot pada bagian organ intim akan terstimulasi sehingga otot lebih kencang, memperlama masa menopause dan meningkatkan produksi sperma. Di samping itu, hubungan secara emosional menjadi lebih baik, secara seksual lebih mantap dan secara stamina lebih kuat.

Beberapa gerakan yoga bermanfaat untuk tulang panggul. Saat aliran darah berjalan lancar menuju daerah intim maka akan meningkatkan daerah dan sensitivitas. Jika tulang pinggul kuat, maka Anda juga bisa mengalami orgasme yang lebih dari biasanya. Kemampuan mengekspresikan dan kepercayaan diri Anda juga meningkat, terutama di dalam kehidupan seksual. Di samping itu, rasa sakit saat berhubungan seks tidak akan di alami lagi. Rasa nyeri ini timbul biasanya akibat pinggul dan paha yang tidak lentur. Gerakan yoga mampu menghilangkan rasa nyeri, membuat tubuh relaks dan aktivitas berjalan dengan baik.

Jenis Yoga. Pemahaman di dalam yoga adalah, seseorang terkena penyakit karena kesalahannya sendiri akibat daya tahan tubuhnya lemah. Yoga dilakuakan dengan menyelaraskan diri dengan alam semesta. Dalam menyelaraskan itu ada empat cabang utama dalam yoga.

Pertama, karma yoga, yaitu bagaimana mempraktikan yoga dalam kehidupan sehari-hari, seperti di kantor dan pekerjaan. Jadi disini yoga bukan sebagai pelatihan, tetapi sebagai falsafah. Yaitu bagaimana seseorang berkarya dalam kesadaran yoga.

Kedua, Jnana yoga atau yoga pengetahuan, yaitu bagaimana kita berpikiran jernih dan berperasaan yang indah sehingga apapun yang dilakukan dalam kehidupan selaras dengan lingkungan sekitar. Ketiga, bhakti yoga, yaitu bagaimana mencintai sesama manusia dan sesama makhluk. Sehingga orang-orang yang menjalani bhakti yoga akan menjadi vegetarian.

Keempat, raja yoga, yang menyangkut latihan-latihan. Seperti latihan pernapasan dan latiohan gerakan tubuh yang disebut hasena. Yang disebut yoga di Indonesia dan sesuatu yang dipelajari untuk kecantikan dalah bagian kecil dari raja yoga. Salah satunya adalah hatha yoga. Hatha yoga adalah meyelaraskan unsur api dan air di dalam tubuh atau di sebut juga unsur matahari dan bulan. Misalnya dengan latihan pernapasan.

Setiap hari. Yoga bisa dilakukan setiap hari, sekali melakukan 20-45 menit. Latihan selama 20 menit tidak membuat orang lelah dan dia masih memiliki kehausan untuk melakukannya. Tidak di anjurkan untuk melakukan yoga lebih dari 45 menit. Sebaiknya yoga dikerjakan dalam kondisi perut kosong, yaitu pagi hari sebelum sarapan dan sore hari sebelum makan malam.

Dengan yoga setiap hari selama 20 menit, maka 80 persen kesehatan juga akan meningkat. Setiap pagi dan malam Anda, dapat duduk hening dan pejamkan mata sudah bisa merestorasi si energi dan memberikan istirahat untuk kulit.neuro sains sudah membuktikan pada saat seseorang memejamkan mata dan mengatur napas perut, maka otaknya akan menjadi lebih tenang. Bagian-bagian otak yang cemas akan meredup dan kreativitas meningkat.

Sebelum yoga dilakukan tetap diperlukan pemanasan. Pemanasan dilakukan dengan gerakan yang agak dinamis. Setelah pemanasan, baru masuk latihan inti atau yang disebut dengan hasena. Tidak seperti olahraga lain, prinsip latihan-latihan di dalam yoga tidak bisa diulangi terus-menerus. Prinsip latihannya adalah satu postur gerakan dipertahankan selama 20 detik.

Dengan mempertahankan selama 20 detik, maka otak akan mendapatkan informasi dan lalu infomasi tersebut disebarkan ke seluruh tubuh. Jadi, jika menggerakan tubuh berulang-ulang memang ada manfaatnya untuk tubuh, tetapi saraf-saraf di otak yang menenangkan diri kurang. Gerakan yoga di akhiri dengan meditasi selama 3-5 menit. Ada beberapa cara meditasi yaitu mengeluarkan segala macam kegelisahan di dalam diri, misalnya dengan teriak dengan cara tertentu sehingga tidak membuat Anda serak, kemudian juga dilakukan dengan napas cepat.

Olah pernapasan/ Pranayama.

Yang perlu diperhatikan juga dalam yoga adalah sebaiknya melakukan pernapasan. Pernapasan sederhana bisa dilakukan dimana saja, termasuk saat diperjalanan dan sambil kerja. Asalkan, tidak dilakukan sambil menyetir. Caranya, tarik napas perlahan-lahan melalui hidung dan perut dikembungkan. Kemudian buang napas dari hidung dan perut dikempiskan. Tarik napas seperti ini bisa dilakukan sesering mungkin, misalnya setiap dua jam sekali, dan sekali melakukannya cukup 2-3 menit.

Cara lainnya adalah dengan alternate nostril breathing,/Surya Beda Pranayama.

yaitu bernapas dengan satu lubang hidung secara bergantian. Tutuplah lubang hidung kanan, tarik napas lewat lubang hidung kiri, lantas menutup lubang hidung kiri dan membuka lubang hidung kanan. Hembuskan napas lewat lubang hidung kanan dan tarik lewat lubang hidung kanan juga.tutup lubang hidung kanan dan hembuskan napas lewat lubang hidung kiri. Ini merupakan satu putaran. Lanjutkan sampai 9-21 putaran. Bagian dari kanan tubuh akan menstimulasi bagian dari kiri tubuh, sebaliknya bagian kiri tubuh akan menstimulasi bagian kanan tubuh. Dengan pernapasan seperti ini maka bagian tubuh akan seimbang serta saraf-saraf otak tidak mengalami gangguan. Latihan ini bisa dilakukan setiap hari sekitar 5-7 menit.

Setelah melakukan yoga dan pernapsan di rumah, maka dua minggu sekali Anda melakukan pernapasan dan yoga secara rutin di tempat latihan yoga. Tujuannya adalah untuk membebaskan diri dari segala macam kegelisahan dan kegundahan.

Olahraga Apapun Sebaiknya Tidak Dilakukan Berlebihan

Yoga juga dapat melatih kesabaran. Olahraga yoga termasuk olahraga yang statis. Dengan demikian, bisa meningkatkan kelenturan, kekuatan otot, kesimbangan dan ketahanan tubuh. Yoga juga dapat memperbaiki otot-otot pernapasan. Untuk kecantikan, jika Anda melakuakan yoga dengan gerakan-gerakan yang bagus dan keseimbangan yang bagus, maka bisa membuat awet muda.

Sementara untuk pernapasan, maka yang harus diperbaiki adalah otot-otot pernapasan, yaitu otot dada (paru-paru) dan diafragma. Jika rongga dadanya besar, maka paru-parunya ikut mengembang. Sebaliknya, jika rongga dadanya kecil maka paru-parunya ikut mengecil. Begitu pula otot diafragma (batas antara rongga perut dan dada) dilatih. Jika otot perutnya lembek, maka diafragma menjadi turun dan rongga pernapasan menjadi lemah. Jadi dalam rongga ini yang dilatih adalah otot dada, diafragma, otot perut dan otot punggung. Dengan olahraga pernapasan ini maka pengambilan oksigen akan lebih bagus. Maka dengan berolahraga dengan sendirinya otot menjadi lebih bagus dan lebih muda.

Sebaiknya YOGA dilakuakan secara rutin, 3-5 kali seminggu. Yoga kecuali Pranayama sebaiknya tidak dilakukan setiap hari agar tubuh diberi waktu untuk beristirahat sehingga bisa berkembang. Berapa lama setiap kali YOGA tergantung pada ketahanan tubuhnya dan takaran latihan, tetapi biasanya dilakukan selama satu jam. YOGA sebaiknya dilakukan saat perut dalam kondisi sedang tidak mencerna. Karena jika perut sedang mencerna tetapi kemudian Anda YOGA , maka darah akan masuk ke daerah perut, sehingga kerja jantung semakin lambat. Jadi sebaiknya YOGA dilakukan sebelum makan atau dua jam sesudah makan. Jadi kalau untuk YOGA pagi, sebelum berlatih sebaiknya cukup minum saja, tetapi tidak terlalu manis. Pasalnya, jika minum terlalu manis dan kemudian berlatih bisa membuat kadar gula dalam darah menjadi naik.

Harus Diimbangi dengan Pola Makan yang Baik

Namun, latihan yoga tidak dapat berdiri sendiri, tetapi harus diimbangi dengan lifestyle. Salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Prinsipnya tidak dianjurkan makan sampai kenyang dan lebih banyak cairan dibandingkan padat. Sebaiknya sebelum makan minum air terlebih dahulu dan dalam sehari minum air mineral dua liter. Di anjurkan juga pelan-pelan mengurangi daging merah karena daging merah membahayakan bagi tubuh.

Pola makan juga disesuaikan dengan kondisi tubuh dan unsur yang dominan di dalam tubuh. Untuk mengetahui Anda termasuk unsur apa biasanya diketahui dari pemeriksaan-pemeriksaan seperti nadi, dilihat dari sifat sehari-hari dan bentuk tubuhnya. Setiap orang dibedakan atas tipe air, tipe api dan tipe angin. Pola makan sebaiknya disesuaikan dengan tipe nya. Berikut penjelasannya :

  1. Tipe Air. Memiliki kulit yang paling bagus dan baby face, wajahnya berkilau secara alami dan bersih. Untuk tipe air, jika tidak seimbang akan menjadi terlalu berminyak. Untuk tipe air sebaiknya kurangi makan makanan yang manis dan berminyak.
  2. Tipe Api. Wajahnya jerawatan dan merah, seperti banyak bintik-bintik seperti tahi lalat. Tipe api cenderung cepat meradang, memerah dan kulitnya terlalu sensitif. Tetapi kalau ada keadaan seimbang maka bisa bagus. Untuk tipe api tidak dianjurkan makan makanan pedas dan asam karena akan merusak kualitas kulit.
  3. Tipe Angin. Biasanya kulitnya kering dan kusam, serta kulitnya terlihat gelap. Jika dalam kedaan seimbang, kulitnya menjadi lebih normal, tetapi lebih cepat kering, kusam dan keriput. Untuk tipe angin karena kulitnya kering maka dianjurkan lebih banyak minum dan makan sayur-sayuran.

Disini ada kaitan erat antara tipe tubuh dan pola makan terhadap kualitas kulit. Karena itu, jika ingin awet muda sebaiknya mengombinasikan antara yoga dan latihan pernapasan dengan pola makan jika ingin awet muda. Selain makanan, busana juga menjadi perhatian. Mereka yang tinggal di negara tropis ini sebaiknya memakai pakaian yang berbahan katun agar lebih menyerap keringat. Bahan-bahan pakaian yang tidak menyerap keringat akan membuat bau badan karena tubuh lembab. Bahkan, keringat yang tidak bisa keluar secara normal menyebabkan Anda sering masuk angin dan pusing. Di samping itu, perbanyak tertawa agar awet muda. Perbanyak juga minum air putih, serta buah-buahan dan sayur-sayuran.

EPILEPSI SembuhdenganYOGA.

Kejang tak beralasan yang sering dikaitkan dengan gangguan epilepsi dan kejang terkait.

Penyebab kejang””diprovokasi meliputi:

  • kurang tidur
  • cavernoma atau malformasi gua adalah suatu kondisi medis diobati yang dapat menyebabkan kejang, sakit kepala, dan perdarahan otak. MRI cepat dapat mengkonfirmasi atau menolak ini sebagai penyebab.
  • arteriovenosa malformasi (AVM) adalah kondisi medis diobati yang dapat menyebabkan kejang, sakit kepala, dan perdarahan otak. MRI cepat dapat mengkonfirmasi atau menolak ini sebagai penyebab.
  • cedera kepala dapat menyebabkan non-epilepsi pasca-trauma kejang atau pasca-trauma epilepsi, di mana kejang kronis kambuh.
  • keracunan dengan obat-obatan, untuk aminofilin contoh atau bius lokal
  • yang normal dosis obat-obatan tertentu yang menurunkan ambang kejang, seperti antidepresan trisiklik
  • infeksi, seperti ensefalitis atau meningitis
  • demam menyebabkan kejang demam (tapi lihat di atas)
  • gangguan metabolik, seperti hipoglikemia, hiponatremia atau hipoksia
  • penarikan dari obat (antikonvulsan, antidepresan, dan obat penenang seperti alkohol, barbiturat, dan benzodiazepin,)
  • menempati ruang-lesi di otak (abses, tumor)
  • kejang selama (atau segera setelah) kehamilan dapat menjadi tanda eklampsia.
  • kejang pada seseorang dengan hidrosefalus dapat mengindikasikan kegagalan shunt parah.
  • Binaural mengalahkan brainwave entrainment dapat memicu kejang pada epilepsi baik dan non-epilepsi
  • stroke perdarahan kadang-kadang dapat hadir dengan kejang, stroke emboli umumnya tidak (meskipun epilepsi merupakan komplikasi yang kemudian umum); vena trombosis sinus otak, suatu tipe yang jarang dari stroke, adalah lebih mungkin disertai dengan kejang daripada jenis lain stroke
  • penderita multiple sclerosis mungkin jarang mengalami kejang

Beberapa obat menghasilkan peningkatan risiko kejang dan terapi electroconvulsive (ECT) sengaja menetapkan untuk menginduksi kejang-kejang untuk pengobatan depresi mayor. Kejang Banyak penyebab yang tidak diketahui.

Kejang yang memprovokasi tidak berhubungan dengan epilepsi, dan orang-orang yang mengalami kejang seperti biasanya tidak didiagnosis dengan epilepsi. Namun, kejang yang dijelaskan di atas mirip dengan epilepsi baik lahiriah, dan pada pengujian EEG.

Kejang dapat terjadi setelah saksi subjek peristiwa traumatis. Jenis ini dikenal sebagai kejang kejang epilepsi non-psikogenik dan berhubungan dengan gangguan stres pasca trauma.

YOGA THERAPY

Masalah in dapat disembuhkan dengan melakukan beberapa tehnik dalam Yoga.

Melakukan Asana:

Shansahankasana, Bhujangasana, Ardha matsyendrasana, Tadasana, Savasana.

Melakukan , Jala Neti.

Pranayama, Bhastrika dan kephalabati.

Meditasi, Japa Yoga.

PRANAYAMA YOGA MENJAGA KULIT TETAP SEHAT.

Kulit sangat menentukan kecantikan ,ketampanan dan kesehatan seseorang. Semua hal itu akan tampak dari kulit kita.  Jadi selalulah jaga kesehatan dan keseimbangan kulit kita dengan Pranayama Yoga.

Mengenal Kulit Lebih Dekat

Kulit merefleksikan kehidupan yang kita jalani, kulit menjadi organ yang paling peka terhadap tubuh. Kok bisa? Sebab apa saja yang terjadi terhadap kulit kita diserap kedalam tubuh. Makanya kita perlu  mengenal kulit, caranya ?  Supaya lebih akrab dengan kulit, maka kita perlu tahu beberapa faktamengenai  kulit itu sendiri.
Fakta mengenai  kulit:

  • Kulit adalah organ terbesar tubuh yang terdiri dari sekitar 15% dari keseluruhan berat badan
  • bagian tertipis kulit berada pada kelopak mata (0.05mm) dan yang paling tebal pada telapak kaki (5mm)
  • Satu inci kulit terdiri atas 65 helai rambut dan 100 kelenjar minyak
  • Kulit tersusun dari tiga lapisan utama, epidermis (lapisan luar), dermis dan jaringan bawah kulit atau lapisan lemak.
  • Kulit membutuhkan waktu sekitar waktu 28 hari untuk memperbarui dirinya, sebuah proses yang disebut deskuamasi.
  • Kulit kehilangan sekitar 30.000 hingga 40.000 sel kulit mati hampir setiap menit, walaupun Anda tidak melihatnya.
  • Kulit ari baru terbentuk tiap 25-45 hari.

Setelah mengetahui fakta mengenai kulit, kita juga dtuntut untuk memperhatikan juga apa saja faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Secara garis besar ada dua faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit, yaitu faktor internal dan eksternal(luar tubuh)

Faktor internal:

  1. Ketidakseimbangan hormon (siklus menstruasi pada wanita)
  2. Perubahan cuaca
  3. Umur

Sedangkan faktor dari luar tubuh:
Lingkungan (cahaya langsung matahari, angin dingin selama musim dingin, paparan AC, dll.

Sebagai organ luar tubuh, sudah pasti  kulit kita berjuang untuk mempertahankan kesehatannya dari beberapa faktor eksternal yang membuat penampilan dan kesehatan kulit terganggu.

Mengetahui apa jenis kulit dapat membantu anda menetukan perawatan yang tepat terhadap kulit. dan berikut merupakan jenis-jenis kulit yang perlu dikenal.

Kulit Normal

Kulit Anda akan terasa hidup, elastis dan kenyal serta bebas dari minyak maupun kekeringan. umumnya jenis kulit ini selalu terlihat sehat dan bertahan dengan baik seiring berjalannya usia.

Kulit Kering

Kulit kering paling rawan terhadap masalah kelembaban dan iritasi. bahkan kulit jenis ini bersisik, gampang terkelupas dan terasa kering setelah mencuci muka.

Kulit Berminyak
Umumnya jenis kulit berminyak sangat bersahabat dengan masalah jerawat, rajin membersihkan muka sangat dianjurkan bagi pemilik kulit ini.

Kulit Kombinasi
Sesuai namanya, kulit jenis ini merupakan perpaduan dari kulit kering dan berminyak sehingga butuh perawatan khusus.

Kulit Sensitif
Jenis kulit yang paling sulit untuk ditangani. kulit sensitif, selain terlihat kering juga mudah teriritasi, terutama oleh bahan-bahan kosmetik yang mengandung bahan kimiawi.

Setelah mengenal kulit jangan lupa untuk melakukan perawatan yang tepat untuk kulit. Ingat sesuaikan dengan jenis kulit ya, jika kurang yakin, silahkan tanyakan langsung pada ahlinya

Lakukan PRANAYAMA SURYA.

Praktek Pranayama Surya.

Dalam pelaksanaan Pranayama, akan di uraikan dulu arah prana sesuai tingkat kebutuhan.  Dalam kesempatan ini, akan kita laksanakan Pranayama Tahap pembersihan seperti:

a.Pranayama  Pembersihan Nadhi-Nadhi.( nadhi Suddhana ).

2.Pranayama pembersihan System tubuh / gland system ( cakra Sudhana).

3.Pranayama pembersihan Organ-organ ( Bhuta Sudhana ).

4.Pranayama  pembersihan Darah dan aliran darah ( Bhastrika).

Pranayama Surya Pembersihan.

Dalam pembersihan ini ada tiga hal penting yang perlu kita berikan pembersihan melalui Pranayama, seperti Nadhi-Nadhi ( saraf-saraf Tulang belakang),  System-system Tubuh ( Galad system), Dan Organ-organ dalam tubuh. Ketiga ini memegang peranan yang sanagt penting untuk kesehatan kita baik pisik maupun pisikis.

Ambil sikap Padmasana, kalau belum bias silahkan pakai sukhasana.

Rilekan tubuh, rasa dan pikiran, tutup mata dan dengan konsentarsi bathin rasakan diri kita terhubung dengan kekuatan Matahari, rasakan energy menyentuh kita dan rasakan juga sinar matahari yang suci menyinari seluruh tubuh kita, rasakan hubungan semakin kuat dan rasakan tubuh kita semakin terang bercahaya. Dan selanjutnya rasakan kehadiran energy murni dan suci menentuh kita.

Sikap selanjutnya.

Tutup lubang hidung kanan dan konsentrasikan kesadaran pada aliran energy di lubang hidung kiri.  Kalau memungkinkan rasakan dalam energy itu ada cahaya Matahari. Gunakan energy ini dan arahkan ke tulang punggung untuk membersihkan saraf-saragf tulang belakang, lakukan nafas sebanyak 7 kalai putaran, lakukan dengan lembut dan dalam. Sterusnya Gantian, tutup lubang hidung Kiri, rasakan aliran energy di lubang hidung kanan, dan konsentrasi kesadaran dan tehnik yang sama, lakuakn pernafasan lembut dan dalam sebanyak 7 kali putaran. Sipak selanjutnya, lakukan masuk dan keluarnya aliran nafas dilubang hidung secara bergantian. Caranya:  tutup lubang hidung kanan rasakan energy masuk di lubang hidung kiri, selanjutnya tutup lubang hidung kiri dan rasakan nafas keluar di lubang hidung kanan, seterusnya rasakan nafas masuk di hidung kanan, dan tutup lubang hidung kanan, rasakan nafas keluar di lubang hidung kiri. Lakukan juga selama 7 kali putaran, lembut dan tanpa henti.  Perlu diperhatikan ,  posisi tubuh harus tegak dan tulang punggung lurus, pranayama lakukan dengan rilek saja tanpa ada kesan dipaksakan. Kenyamanan akan menghadiri kita.

  1. Pembersihan System tubuh, Glannd system ( cakra Suddhana)

Sehabis melakukan Nadhi Suddhana pembersihan saraf-saraf tulang belakang, sesi selanjutnya melakukan pembersihan system tubuh atau cakra Suddhana.  Caranya,:  Ambil sikap seperti gambar di atas.  Tutup lubang hidung kanan, dengan tangan kiri diangkat ke atas, dan jari tangan rasakan peka.  Kesadaran sma dengan Nadhi suddhana, yang beda adalah arah energynya.  1.Tarik nafas lembut melalui hidung kiri, sekarang  arahkan nafas keluar ke tulang ekor dan rasakan energy melakukan pembersihan, 2. Tarik  lagi energy masuk  lembut dan arahkan keluar di organ reproduksi daerah sex , rasakan lakukan pemebrsihan. 3, Tarik nafas dalam dan lembut, selanjutnya arahkan energy keluar di organ pencernaan daerah perut, rasakan melakukan pembersihan. 4. Tarik nafas lembut dan dalam , rasakan dikeluarkan di daerah  jantung dan rongga dada, rasakan pembersihan. 5. Tarik nafas lembut dan dalam, rasakan keluar di daerah tenggorokan , organ pernafasan, rasakan pembersihan. 6. Tarik lagi nafas lembut dan dalam, rasakan dikeluarkan di daerah dahi, rasakan membersihakan daerah muka. 7. Tarik nafas lembut dan dalam lagi, Rasakan keluar di ubun-ubun, rasakan pembersihan daerah kepala.

Selanjutnya , lakukan bergantian dengan menutup lubang hidung kanan, dan mengankat tngan kiri. Dengan kesadaran dan tehnik yang sama, lakukan pranayama pembersihan ini.

Setelah melakukan tehnik di hidung kanan, sekarang  ambil lagi sikap,Dhyana Veera sana.

Sekarang lakukan, pernafasan kejiwaan dengan merasakan aliran energy di tiap organ dan system tubuh. Caranya:

Dengan konsentrasi kesadaran, 1. Rasakan energy masuk di Tulang ekor , dan keluarkan lembut di daerah sx reproduksi, 2. Rasakan energy masuk di daerah sex reproduksi, rasakan keluar di daerah perut pencernaan, 3. Rasakan energy masuk di daerah perut, rasakan keluar di daerah jantung, rongga dada,  4. Rasakan energy masuk di daerah Jantung dan keluarkan di daerah tenggorokan, system pernafasan, 5. Rasakan energy masuk di tenggorokan, rasakan keluar di daerah kening system sensor, 6. Rasakan energy masuk di daerah kening, rasakan keluarn di ubun-ubun, 7. Rasakan energy masuk di ubun-ubun , rasakan keluar di seluruh kulit. Dalam setiap pengeluaran nafas, selalu rasakan terjadi pembersihan system tubuh.

  1. Pembersihan Organ-Organ dalam.

Setelah melakukan pembersihan Nadhi-Nadhi dan Gland System, lanjutkan dengan melakukan Pranayama pembersihan organ dan rongga Dalam. Caranya:

Ambil sikap  ( Simhasana), rasakan saja rongga dalam dan organ dalam , tarik nafas lebut sampai penuh rasanya di dalam, dan keluarkan dengan cepat lewat mulut, dengan lidah dijulurkan ke luar. Rasakan energy menarik dan menekan organ dalam untuk dibersihkan.  Lakukan hal ini, minimal 7 kali.  Dengan lakukan ini, racun-racun akan terbuang dan rasanya akan nyaman dan segar.

  1. Lakukan pembersihan darah dan aliran darah. Caranya:

Ambil sikap  ( Badrasana ), sejenak rasakan api dalam perut dinaikan, lakukan pernafasan cepat ( Bhastrika Pranayama ), rasakan api dalam perut membesar dalam tipa tarikan dan embussan nafas, membakar dan membersihkan darah dan aliran darah.  Lakukan minimal 7 kalai putaran.  Setelah lakukan ini akan terasa Nyaman sekali.

Pranayama harus dilakukan , dengan rilek dan usahakan dalam keadaan perut kosong. Supaya dapat hasil yang maksimal. Selamat berlatih.

Yoga Asana Untuk Turunkan Berat Badan

Dalam dunia modern, kita cenderung mengabaikan Kesehatan kita dengan menyodorkan menyalahkan faktor waktu. Kurangnya waktu yang biasa dibuat oleh orang mengeluh. Dalam semua ini hiruk pikuk keramaian kehidupan, kita mengabaikan diet sehat, tidur cukup, dan olahraga ringan secara teratur. Menghemat waktu telah menyebabkan peningkatan berat badan. Dalam rangka menghemat waktu, orang makan makanan cepat saji, lompat berjalan dan memilih untuk mengemudi, ketergantungan pada gadget elektronik, dan melewati olahraga untuk ambil beberapa tidur tambahan. Tapi, kita tidak menyadari efek samping dari kebiasaan ini. Semua kebiasaan ini telah menyebabkan peningkatan berat badan.

Obesitas adalah masalah umum dengan semua kelompok umur masyarakat. Kenaikan berat badan juga menyambut berbagai penyakit yang menjadi mengancam untuk hidup sehat. YOGA HEALING BALI  menawarkan Program penurunan berat badan yang berbeda.

Sebelum anda memulai program penurunan berat badan, sangat penting untuk membuat keputusan dipikiran Anda. Kita perlu mempertahankan antusiasme untuk keputusan kita dalam seluruh sesi program.

Anda perlu memiliki dedikasi yang sangat kuat untuk pertumbuhan yang tepat dan perkembangan kesehatan kita. Jadi, kehilangan berat badan Anda dengan mudah Anda dapat mengikuti gaya hidup Yoga. Ini adalah cara hidup di mana Anda mempelajari prinsip-prinsip yang paling berharga dari kehidupan. Dedikasi, tekad, dan kemauan yang kuat , sangat penting untuk mengikuti gaya hidup yoga. Yoga adalah cara hidup sehat. Yoga bertujuan kesempurnaan pikiran. Pikiran yang sempurna adalah tenang dan tenang, benar-benar damai. Teknik dasar yoga adalah meditasi. Tubuh yang sehat dengan pikiran yang sehat bisa bekerja jauh lebih baik dan efisien. Yoga Poses terutama disiplin, yang mengkatalisis pertumbuhan rohani dan memberikan kesehatan yang lebih baik fisik dan mental. Ayurveda telah merekomendasikan jalan yoga dari masa lampau. Yang sekarang diikuti oleh pengobatan modern.

Yoga adalah alat yang berharga di benak dan obat-obatan tubuh. Postur yang benar, makanan bergizi, tidur cukup, meditasi, dan sikap yoga semua adalah bagian dari gaya hidup yoga. Setiap gerakan asana -sangat banyak bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Asana yoga merupakan bagian penting dari latihan yoga. Asana merupakan bagian yang paling terlihat dari latihan yoga. Hal ini dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis: meditasi, relaksasi, dan latihan fisik. Asana Berlatih memberikan latihan yang baik ke seluruh bagian tubuh. Anda dapat mengatasi berbagai penyakit dengan melakukan asana yoga yang tepat dan mengikuti gaya hidup sehat. Berlatih yoga asana adalah cara sederhana dan termudah untuk menurunkan berat badan. Postur yoga yang dapat membantu dalam kehilangan berat badan adalah sebagai berikut:

Paschimottanasna

Uttanasana

Virabhadrasana

Ardhakapotasana

Trikonasana

Ardhasarvangasana

Yoga Mencegah Tekanan Darah Rendah.

Hipotensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah lebih rendah atau turun dibawah angka normal hingga mencapai 90/60 mmhg dimana nilai normal tekanan darah seseorang pada orang  sehat secara umum berkisar 120/80 mmHG. Tekanan darah merupakan hasil kerja jantung yang memompa darah untuk bersirkulasi didalam tubuh melalui pembuluh darah. Tekanan darah rendah berarti kondisi dimana kurangnya hantaran nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh

Gejala jika terkena penyakit tekanan darah rendah (hipotensi)

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah pada umumnya akan mengeluhkan keadaan:

  • Sering merasa pusing dan penglihatan kurang jelas (berkunang-kunang) terutama setalah duduk lama lalu berjalan
  • Sering menguap dan mudah merasakan kantuk
  • Keringat dingin, Mudah merasa lelah, bahkan mengalami pingsan yang berulang

Kondisi ini dikarenakan suplai darah yang tidak maksimal ke seluruh jaringan tubuh. Yang paling peka terhadap kondisi ini ialah sel saraf, otak dan otot, sehingga inilah yang menyebabkan mudah capek, pusing dan kurang gesit baik secara fisik dan psikis.

Faktor yang menyebabkan penurunan tekanan darah

  • Kurangnya pemompaan darah dari jantung. Semakin banyaknya darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya, maka semakin tinggi juga tekanan darahnya. Selain itu, seseorang yang memiliki kelainan atau penyakit jantung yang mengakibatkan irama jantung abnormal, kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, penyakit katup jantung, maka akan berdampak juga pada berkurangnya pemompaan darah (curah jantung) keseluruh tubuh.
  • Pendarahaan yang hebat sehingga menyebabkan jumlah darah berkurang, diare yang tidak cepat teratasi, keringat berlebihan, buang air kecil atau berkemih berlebihan juga menjadi faktor terjadinya penurunan tensi darah.
  • Terjadinya peradangan pada kantong yang mengelilingi jantung (pericardium) yang biasa dikenal sebagai pericarditis yang menyebabkan cairan menumpuk didalam pericardium dan menekan jantung sehingga  membatasi kemampuan jantung untuk mengisi dan memompa darah ke seluruh tubuh
  • Adanya bekuan darah dalam pembuluh vena (pulmonary embolism) dimana bekuan darah ini dapat menghalangi aliran darah kedalam bilik kiri (left ventricle) dari paru-paru dan akibatnya akan mengurangi darah yang kembali ke jantung untuk dipompa.
  • bradycardia atau denyut jantung yang lambat yang dapat mengurangi jumlah darah yang dipompa oleh jantung. Angka detak jantung istirahat untuk seorang dewasa sehat adalah antara 60 dan 100 detak/menit. hal ini berkaitan dengan heart rate yaitu berapa kali jantung berdenyut dalam satu menitnya. Semakin tinggi heart rate, semakin tinggi pula tekanan darah.

lakukan Hal di bawah in:

1.Asana Surya Namaskar dengan Ujjay Pranayama, yaitu pelakukan sikap asana dengan penarikan dan pengeluaran nafas dengan suara mendesis dan sedikit tekanan di dalam rongga Jantung.

2. Bhastrika Pranayama. Yaitu tehnik bernafas dengan cepat keluar masuknya nafas, dengan niat membangkitkan energy api dari perut menuju seluruh tubuh, untuk memanasi darah dan melancarkan peredarannya.  Surya beda pranayama, cara melakukannya tutup satu lubang hidung untuk menarik nafas dan keluarkan nafas di lubang hidung lainnya. Dan lakukan secara berulang –ulang dan silih berganti. Mulai dengan penarikan nafas daru lubang hidung kiri dengan menutup lubang hidung kanan.

3. Lakukan Bhanda Traya, caranya tarik nafas dengan dalam dan pejamkan anus (moola bhanda) Tahan sesaat ( Jalandara Bhanda) dan tekukan kepala kedepan , sambil keluarkan nafas di hidung ( Uddyana Bhanda) lakukan berulang –ulang.

Catatan, Latihan ini harap dilakukan dalam keadaan perut terasa lapar. Selamat mencoba.

TEKANAN DARAH TINGGI ATASI DENGAN YOGA.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang saat ini, apalagi bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, dan juga gagal ginjal. Dan akibat terburuk dari penyakit ini adalah kematian. Karena itu, jika bisa, penyakit ini harus dicegah. Jika Anda memiliki tekanan darah yang tinggi, Anda dapat mengendalikan penyakit ini. Bagaimana cara mencegah dan mengendalikan darah tinggi atau hipertensi?  Ada beberapa latihan Yoga yang bisa mengatasi masalah ini.

lakukan latihan di bawah ini:

Lakukan asana : Ananda Madirasana dan Savasana.

Ananda Madirasana, lakukan dengan cara bersimpuh, dan tangan disilangkan di depan dada  dengan telapak tangan masuk keduanya ke ketiak dan jepit dengan rilek,  badan di rilekan dan nafas di lembutkan , rasakan nafas masuk ke perut dan selalu keluarkan di kepala secara lembut dan pelan, lakukan berulang –ulang selama lima menit. Selanjutnya lakukan Savasana, yaitu sikap tidur terlentang, dengan rilek, rasakan aliran nafas masuk ke kepala dan keluarnya nafas rasakan mengalir ke setiap pembuluh darah. Lakukan selama lima menit secara berulang –ulang lembut dan dalam.

Lakukan Pranayama Nadhi sodhana, dan Sitkari .

Nadhi sodhana lakukan , dengan menarik bergantian, nafas dengan satu lubang hidung, keluarnya nafas arahkan ke kepala, lakukan penutupan lubang hidung silih berganti. Lakukan setiap satu lubang hidung minimal 7 kali putaran.  Pranayama Sitkari, lakukan dengan melipat lidah ke atas menyentuh langit-langit. Bibir sedikit di buka, dan lakukan penarikan nafas, melalui mulut dan masuk melalui sela-sela gigi, tahan nafas semampunya, dan keluarkan lembut melalui lubang hidung. Lakukan berulang –ulang selama lima menit.

Lakukan Meditasi sebagai akhir latihan , dengan selalu terasa melepas energy  negative diri , keluar dari tubuh ke alam. Lakukan meditasi selama lima menit dengan suasana hati tersenyum.

Selamat Mencoba.

CEGAH ANEMIA DENGAN YOGA.

Anemia atau kurang darah adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekuranga oksigen guna mengahasilkan energi. Maka tidak mengeherankan jika gejala anemia ditunjukan dengan merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak. Serta ditandai dengan warna pucat di beberapa bagian tubuh seperti lidah dan kelopak mata.

Penyebab umum dari anemia antara lain; kekurangan zat besi, pendarahan usus, pendarahan, genetik, kekurangan vitamin B12, kekuarangan asam folat, gangangguan sunsum tulang.
Gejala Anemia (Kurang Darah)
Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda mengalami anemia, seperti dilansir Boldsky.

1. Kelopak Mata Pucat

Sangat mudah untuk mendeteksi anemia dengan melihat mata. Ketika Anda meregangkan kelopak mata dan memperhatikan bagian bawah mata. Anda akan melihat bahwa bagian dalam kelopak mata berwarna pucat.

2. Sering Kelelahan

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu selama satu bulan atau lebih, bisa jadi Anda memiliki jumlah sel darah merah yang rendah. Pasokan energi tubuh sangat bergantung pada oksidasi dan sel darah merah Semakin rendah sel darah merah, tingkat oksidasi dalam tubuh ikut berkurang.

3. Sering Mual

Mereka yang menderita anemia seringkali mengalami gejala morning sickness atau mual segera setelah mereka bangun dari tempat tidur.

4. Sakit kepala

Orang yang mengalami anemia sering mengeluh sakit kepala secara terus-menerus. Kekurangan darah merah membuat otak kekurangan oksigen. Hal ini sering menyebabkan sakit kepala.

5. Ujung Jari Pucat

Ketika Anda menekan ujung jari, daerah itu akan berubah jadi merah. Tetapi, jika Anda mengalami anemia, ujung jari Anda akan menjadi putih atau pucat.

6. Sesak napas

Jumlah darah yang rendah menurunkan tingkat oksigen dalam tubuh. Hal ini membuat penderita anemia sering merasa sesak napas atau sering terengah-engah ketika melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan.

7. Denyut Jantung Tidak Teratur

Palpitasi adalah istilah medis untuk denyut jantung tidak teratur, terlalu kuat atau memiliki kecepatan abnormal. Ketika tubuh mengalami kekurangan oksigen, denyut jantung meningkat. Hal ini menyebabkan jantung berdebar tidak teratur dan cepat.

8. Wajah Pucat

Jika Anda mengalami anemia, wajah Anda akan terlihat pucat. Kulit juga akan menjadi putih kekuningan.

9. Rambut rontok

Rambut rontok bisa menjadi gejala anemia. Ketika kulit kepala tidak mendapatkan makanan yang cukup dari tubuh, Anda akan mengalami penipisan rambut dengan cepat.

10. Menurunnya Kekebalan Tubuh

Ketika tubuh Anda memiliki energi yang sangat sedikit, kekebalan atau kemampuan tubuh untuk melawan penyakit ikut menurun. Anda akan mudah jatuh sakit atau kelelahan.

Faktor risiko terkena anemia

Beberapa faktor yang mungkin meningkatkan peluang terjadinya anemia antara lain:

  • Rendahnya asupan gizi pada makanan.
  • Gangguan kesehatan usus kecil atau operasi yang berkenaan dengan usus kecil.
  • Menstruasi.
  • Kehamilan.
  • Kondisi kronis seperti kanker, gagal ginjal atau kegagalan hati.
  • Faktor keturunan.

Infeksi tertentu seperti gangguan pada darah dan autoimun, terkena racun kimia, dan menggunakan beberapa obat yang berpengaruh pada produksi sel darah merah dan menyebabkan anemia

Untuk Mencegah hal in terjadi pada kita, bisa lakukan beberapa latihan Yoga di bawah ini.

Tehnik Latihan sebagai berikut:

Asana.

Lakukan gerakan Surya namskara. In adalah gerakan yang sangat lumrah, selanjutnya lakukan Bhujangasana caranya, mulai dengan tidur telungkup dan tangan tarus disamping sejajar dengan bahu, selanjutnya angkat badan bagian atas dengan meluruskan tangan, sikap kita akan seperti ular kobra. Setelah mantap posisi ini . lakukan penarikan nafas rasakan masuk ke perut dan keluarkan nafas dengan mengeluarkan lidah , nafas keluar dari mulut. Lakukan tiga kali pernafasan.  Shalabasana caranya, masih telungkup tangan masukan di bawah perut, sekarang angkat kepala dan kaki denga lurus. Tahan posisi ini, lakukan pernafasan dengan menarik arahkan ke perut , dan keluarkan di dada. Lakukan tiga kali pernafasan. Sharvangasana caranya, tidur terlentang, tangan taruh dibawah pinggul, dan angkat kakai dan pingul dengan siku sebagai tumpuan. Tahan posisi ini sambil bernafas arahkan ke perut dalam menarik nafas dan keluarkan di perut juga dengan kempeskan perut. Lakukan tiga kali penarikan nafas. Setelah melakukan asana ini lanjutkan dengan pranayama dengan melakukan Pranayama Nadhi shodana, Seetkari, Sheetali, Brahmari. Pranayama ini sangat perlu bimbingan langsung. Silahkan dating ke Pesraman Kami.

Selamat mencoba.

YOGA MENYEMBUHKAN DIABETES( KENCING MANIS )

Penyakit Diabetus Melitus / kencing manis / sakit gula adalah penyakit kronik dengan konsentrasi gula dalam darah yang tinggi.

Orang yang rentan kena penyakit ini seperti:

Seseorang yang :

  • Mempunyai saudara, orangtua atau kakek-nenek dengan Diabetes
  • Obesitas (gemuk) atau berat badan lebih
  • Usia diatas 45 tahun
  • Prediabetes (glukosa darah puasa atau sesudah makan melebihi normal atau toleransi glukosa terganggu)
  • Mempunyai tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi
  • Melahirkan bayi lebih dari 4 kg

Penyebab timbulnya penyakit ini adalah,

Faktor keturunan atau genetik merupakan penyebab utama. Untuk diabetes tipe 2, faktor lingkungan, obesitas dan kurangnya aktifitas fisik merupakan pemicu utama penyakit ini. Orang dengan Diabetes pada mulanya mengalami suatu keadaan yang dinamakan “resistensi insulin” sebelum mereka gemuk. Dengan bertambahnya umur, kebiasaan makan tidak sehat, obesitas dan tidak melakukan aktifitas fisik secara bersama-sama dapat memicu terjadinya Diabetes.

Gejala penyakit Diabetus Melitus adalah sebagai berikut :

  • Sering buang air kecil, terutama pada malam hari
  • Cepat merasa haus dan lapar
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas
  • Cepat merasa lelah dan mengantuk
  • Luka yang sukar sembuh
  • Gatal-gatal sekitar kelamin
  • Kesemutan pada kaki / tungkai
  • Kemampuan seks menurun
  • Penglihatan kabur (seringnya berganti ukuran kacamata)
  • Melahirkan bayi lebih dari 4 kg

Menderita penyakit in menyebabkan,

terjadinya perubahan serius pada jantung, syaraf, ginjal, dan mata. Kelainan tersebut disebut Komplikasi Diabetes. Seseorang bisa mengalami Diabetes selama bertahun-tahun tanpa mengetahui bahwa orang tersebut sudah terkena Diabetes Melitus. Konsentrasi glukosa darah yang tinggi dapat merusak bagian/organ tubuh. Oleh karena itu pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin. Pengendalian Diabetes melitus dilakukan dengan mengusahakan agar konsentrasi glukosa darah mendekati normal sehingaa dapat menghentikan atau memperlambat kerusakan pada mata, syaraf, dan ginjal.

Untuk mencegah penyakit in, lakukan gaya hidup sehat, dan ikut dalam kegiatan yoga. Kami dari Pesraman markandeya Yoga, Yoga Healing Bali.selalu kedatangan peserta penderita penyakit in, dan dengan latihan bersama denagn segera , mengalami kesembuhan.

Diabetes Melitus tidak dapat disembuhkan, baik oleh petugas kesehatan atau siapapun. Tetapi Diabetes Melitus dapat dikendalikan dengan makanan sehat dengan gizi seimbang, tinggi serat dan rendah lemak serta melakukan aktifitas fisik seperti Yoga setiap hari secara teratur sehingga mencapai berat badan ideal. Dan sebaiknya memeriksakan glukosa darah pada saat puasa dan sesudah makan. Apabila makanan sehat, latihan jasmani, dan obat diabetes tidak dapat menurunkan glukosa darah anda, mungkin anda perlu suntikan insulin.

Komplikasi berat yang dapat terjadi bagi penderita penyakit in adalah:

  • Gangguan kemampuan seksual
  • Serangan jantung (infark jantung)
  • Stroke
  • Gangren diabetikum dengan akibat amputasi kaki
  • Kebutaan
  • Gagal ginjal sehingga perlu cuci darah

Cegah Diabetus Melitus, kenali gejalanya, lakukan Yoga  mulai sekarang.

Yoga khusus Diabetes bisa secara membantu pengobatan dengan efektif, dengan memberi pijatan pada organ dalam tubuh yang memproduksi kelenjar yang berhubungan dengan penyebab diabetes.

Bagaimana Yoga bisa menormalkan kadar gula darah pada penderita diabetes?

Melakukan yoga bisa menormalkan (bukan menurunkan) kadar gula darah dengan cara memijat dan menstimulasi organ tubuh yang mengolah karbohidrat.

Beberapa posisi dalam Yoga untuk Dibates ini sulit untuk dilakukan dan membutuhkan instruktur untuk melakukannya. Gerakan-gerakan dalam Yoga menstimulasi dan menormalisasi kelenjar endocrine yang melepaskan senyawa yang kita kenal sebagai hormon yang berguna untuk sirkulasi secara umum. yang termasuk dalam kelenjar endocrine adalah kelenjar pituitary, thyroid, parathyroid, thymus, adrenals, pancreas, and kelenjar reproduksi (ovaries and testes).

Banyak orang percaya bahwa gerakan yoga di bagian perut akan menekan organ tubuh dibawahnya, seperti usus, liver dan pancreas. Tekanan ini akan membuat organ-organ ini bisa kembali berfungsi normal, yang berakibat normalnya kadar gula dalam darah.

Sarvangasana
Posisi Yoga ini berguna untuk kelenjar thyroid & parathyroid yang terletak di daerah leher, dimana tekanan dagu pada posisi sarvangasana ini akan meningkatkan darah bersih ke arah 2 kelenjar ini. Suplai darah yang mencukupi akan meningkatkan efisiensi kerja dari kelenjar-kelenjar tersebut. yang berfungsi mengatur metabolisme protein, lemak dan karbohidrat dan yang berpengaruh pada bagaimana sel-sel tubuh menggunakan energi. Kelenjar thyroid & parathyroid ini juga akan menstimulasi hormon yang diproduksi oleh kelenjar lainnya.

Halasana
Posisi yoga ini disebut halasana, yang sebaiknya dilakukan setelah sarvangasana. Posisi ini memberi pijatan seluruh organ pencernaan, merevitalisasi limpa dan pankreas (yang bisa menyebabkan memproduksi lebih banyak insulin), dan juga memperbaiki fungsi hati dan ginjal.

Paschimotasana

Posisi ini bagus untuk penderita diabetes, hyperacidity dan migrain. Diketahui juga sangat baik untuk menstimulasi kerja organ tubuh seperti hati, pankreas dan ginjal.

Ardha Matsyendrasana

Posisi berputar ini bisa membersihkan dan meremajakan tubuh. Bagian di sekitar perut dan organ didalamnya mendapatkan pijatan yang cukup dalam, yang akan mengeluarkan racun, menstimulasi pencernaan dan mensuplai organ-organ dengan sirkulasi darah bersih. Posisi ini juga dapat mengatur kelenjar hormon adrenalin dan empedu, dan sangat disarankan dalam upaya pengobatan diabetes, sinusitis, bronchitis, dan beberapa masalah penyakit di bagian perut. Posisi Ardha Matsyendrasana memberi pijatan pada pankreas, ginjal, usus kecil, hati dan ginjal. Daerah di sekitar perut ini juga berhubungan dengan Manipura Chakra, nadi utama dalam peredaran darah – dimana menstimulasi dan membuka hambatan di area ini akan berpengaruh besar pada vitalitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Akhiri dengan Savasana.
Instruktur yoga yang berpengalaman selalu mengakhiri sesi yoga dengan posisi yang merupakan relaksasi total yag disebut “Savasana”, guna memaksimalkan hasil yang akan diperoleh dari posisi-posisi sebelumnya Anda lakukan. Posisi ini benar-benar akan membuat rileks, sangat sederhana, tapi juga sangat sulit untuk bisa melakukannya dengan sempurna.

Yoga menyembuhkan gangguan Lever.

Lever merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, bagi kelangsungan hidup kita, karena lever mempunya fungsi didalam tubuh kita hampir 500 fungsinya diantaranya adalah untuk menetralkan tubuh terhadap zat-zat yang berbahaya.
Lever adalah kelenjar terbesar didalam tubuh yang terdapat dibagian atas kanan perut dan terbagi atas dua bagian, yaitu lobus kiri dan lobus kanan. Pada umumnya lever dikenal dengan penyakit yang berhubungan dengan organ hati. Secara umum penyakit lever dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah :

  1. Adanya kelaihan hati (bawaan sejak lahir)
  2. Adanya infeksi virus atau bakteri (hipatitis A, hipatitis B, hipatitis non A dan non B)
  3. Jenis obat-obat tertentu yang dikonsumsi, dan merupakan racun bagi hati
  4. Karena kekurangan nutrisi atau gizi
  5. Ketergantunan alkohol atau zat adiktif yang lainnya
  6. Gangguan atau kelainan pada proses metabolisme
  7. Dan lain sebagainya, yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati

Penyakit lever merupakan penyakit yang mematikan, tentunya memerlukan penangan khusus bila anda mengalaminya, misalnya dengan melakukan perawatan rutin, dengan melakukan beberapa gerakan dan pranayama dalam Yoga, yang tentunya lebih alami, karena Yoga akan menggiatakan seluruh kerja organ dan system tubuh.. Berikut ini adalah beberapa gerakan dan pranayama yang harus dilakukan untuk oenyakit ini.

lakukan di rumah latihan ini:

Asana:

Paschimottanasana.

Caranya , duduk dengan tegak, dan kedua kaki rentangkan lurus kedepan, bungkukan badan samapi mencium lutut dengan telapak kaki di pegang erat. Lakukan pernapasan perut secara pelan dan berulang –ulang.

Bhunamanasana

Caranya, Masih dengan duduk, sekarang buka kedua kaki, kesamping lurus, turunkan badan sampai kepala menyentuh lantai. Tangan luruskan kedepan kedianya. Lakukan pernapasan perut dengan pelan dan dalam.

Ardha matsyendrasana

Caranya duduk, dengan satu kaki di lipat kesamping dan kaki yang lain dilipat menjepit kaki yang tadi. Rasakan badan diputar kesamping. Sambil pernapasan berut.

Meru Dandasana.

Caranya , tidur terlentang, Sambil keduam kaki dai naikan dan di buka kesamping, pegang telapak kaki dengan kedia tangan, lakukan pernapasan perut berulang ulang.

Catatan. Penting diperhatikan lakukan latihan in, dalam keadaan perut kosong atau sebelum makan.

VERTOGO SEMBUH DENGAN YOGA.

Vertigo adalah gejala pusing yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari gejala yang ringan hingga yang cukup berat. Vertigo bisa ditandai dengan rasa pusing seperti kepala berputar dan penglihatan terbalik. Akibatnya penderita mengalami rasa pusing yang sangat dan tidak akan mampu bangun karena rasa pusingnya.

Apa yang menyebabkan pusing? Pusing sebenarnya adalah gejala umum yang berkaitan dengan berbagai gangguan. Penyebab rasa pusing bisa saja berkaitan dengan sistem syaraf,

Umumnya vertigo yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan gangguan keseimbangan atau istilah disebut vertibular. Dalam kasus ini penderita tidak merasa pusing jika ia duduk atau berdiri. Tetapi perubahan posisi, misalnya seperti tidur terlentang kemudian miring ke sisi yang terganggu maka di situlah muncul serangan vertigo tersebut.
Tidak hanya itu, gerakan kepala atau badan juga mampu merangsang munculnya serangan vertigo, yaitu seperti gerakan ke belakang dan ke depan. Vertigo ringan biasanya hanya berlangsung beberapa detik.

Gejala vertigo bisa dicetuskan dengan berbagai hal, seperti gangguan hormonal yang salah satunya ditandai dengan adanya jerawat, kelelahan, stress, kurang istirahat dan sebagainya.
Ada satu bentuk latihan  YOGA yang bisa dicoba dilakukan untuk mengatasi serangan vertigo.

IN ENGLISH

Yoga Healing Bali meditasi Aura Ubud retreat Workshop Natural Indonesia

INTRODUCTION THE TANTRA

Tantra is a sacred sexuality where practitioners perform sacred rituals to evoke sacred energies in the body and sacred feelings in the soul. Tantric rituals engage all chakras (energy wheels of the body) to gently awaken and move energy in the body and cleanse chakras from emotional and psychic debris which causes energy blockages.

Practicing tantra in a sacred way is about sharing and exploring an intimate relationship beyond the dense material body. During a truly sacred sexual experience, our attention moves beyond the sexual anatomy and into the eyes and hearts of our partners. With this higher focus, we become keenly aware that our partners are more than just physical bodies.

Contrary to most believes, the true practitioners of sacred sexuality are not obsessing nor expecting sexual intercourse. Sacred sexuality offers an expansive experience based on mutual love, acceptance, and authenticity. Sacred ritual designed to join hearts and souls it allows us to deepen our ideas and believes around sexuality far beyond intercourse. With a willingness of bringing our higher selves to the sharing of our emotions and bodies, we reach new levels of Divine Presence.

This does not mean that all sexual experiences must necessarily be between two individuals who are “in love.” Rather, the ideal goal is for both partners to maintain a space of loving presence within them and responsibly choose with whom to share this love. If both partners are emotionally healthy and responsible, this loving presence, in turn, can help to create a sacred union for both to experience.

SELF AWARENES, LOVE AND RESPECT

Your sacred body is the crystallization of your soul, it is the manifestation of your life and multiple previous lives.

The practice of sacred sexuality requires self-awareness, love and respect as the foundation and following a few simple principles to establish healthy boundaries:

1. Safety–You must feel safe and supported at all times. Safety includes never asking for, or engaging in, any sexual behavior that feels physically or psychologically painful, scary or unsafe.


2. Responsibility–In the practice of sacred sexuality, you are the one who decides with whom you share and in what form. So choose well!


3. Communication–Once you are healthy enough to create safety and mature enough to take responsibility, it’s time to deepen communication. Your needs must be expressed using words, sounds, and gestures.


4. Trust and Surrender–Within the boundaries of the above guidelines, you are free to surrender to greater heights and depths of loving, living, and being. Developing greater trust in yourself and your healthy decision-making (as well as your partner’s) are major steps on the path to living in bliss.

Without a spiritual and loving intent, sex limits the expression of our True Self and becomes a form of self-condemnation. As you learn to balance and integrate the spiritual and physical aspects of your being, you will reach a level of empowerment of which most people only dream. Instead of responding to every attraction to or from others, empower them by being true to yourself. You can choose to occasionally share your love and passion with others, but be clear that they must earn the right to touch your body (as you must earn the right to touch theirs). After all, the body is the temple of the soul. It is sacred. You are sacred! You are the Love behind, and beyond, lovemaking.

Contac Us:

Guru Made Sumantra

Address: Lungsiakan Rd, Kedewatan, Ubud, Bali, Indonesia.

www.yogahealingbali.com

Email balineseyoga@yahoo.com

Call: 087861187825

 

SELAMAT DATANG
Di Website
YOGA HEALING BALI
Balinese Yoga Healing
And Training

Jajak Pendapat

Program Yoga Apa Yang Paling Anda Minati?

View Results

Loading ... Loading ...

Pengunjung

  • Today Visit: 260
  • Yesterday Visit: 206
  • Month Visit: 5973
  • Total Visit: 125852
ubudyogahealingcentre
denpasarypgahealingcentre

Facebook Kami

Jobs, Cars and Top Windows VPS, Cloud Hosting by http://www.accuwebhosting.com/ - rock solid VPS Hosting.