YOGA SURYA – Surya Namaskara

Yoga Healing Bali meditasi Aura Ubud retreat Workshop Natural Indonesia

Pengertian Surya Namaskara Asana.

    Sang surya adalah salah satu wujud kekuatan Tuhan yang ada pada matahari yang memberikan kekuatan dan sinar kesucian pada alam semesta beserta isinya. Matahari selalu menyinari alam semesta dengan sinar cinta kasihnya yang terang, sehingga semua perputaran alam dan kehidupan sangat tergantung pada kekuatan matahari ini. Ada beberapa contoh keagungan Sang Surya ( Matahari). Matahari sebagai pusat pengatur waktu bagi seisi alam semesta. Matahari adalah sebagai pusat pedoman waktu yaitu waktu siang dan malam hari. Dengan penggantian waktu ini, semua planet berputar dan semua mahluk dapat hudup, berkembang dan musnah. Dari perputaran waktu terjadilah hokum dwalitas dalam hidup ini, ada lahir ada yang mati, ada laki dan ada perempun, ada positif dan negative , namun kedua yang berbeda itu saling ketergantungan. Karena kita selalu dipengaruhi oleh kekuatan hokum ini, kita hasrus selalu menjalin hubungan selaras dengan kekuatan ini. Selanjutnya Sang surya ( matahari) adalah sebgai pusat panas. Dengan kekuatan tersebut semua mahluk mendapatkan kehangatan, kesegaran dan dapat beraktifitas guna memenuhi kebutuhan hidupnya.  Dan juga Sang Surya (matahari) adalah sebagai saksi utama, Dan selalu menyaksikan setiap gerak alam dan isinya. Jadi kita akan selalu disaksikan setiap sikap hidup kita. Itulah secara umum pengertian dan kekuatan Sang Surya.

    Namaskara dapat diartikan adalah suatu sikap sembah bhakti , kita kehadapan yang di agungkan atau disucikan, sebagi sikap penyerahan diri secara total, dalam menyelaraskan hubungan.

    Jadi dapat ditarik kesimpulan, Surya namaskara adalah suatu sikap sembah bhakti secara total, kehadapan Sang surya, sebagai wujud manifestasi Tuhan Yang Maha

Kuasa.Sehinga selalu terjalin hubungan yang selaras dan harmonis.

Asana adalah suatu sikap tubuh, yang telah terkendali dan teratur, yang merupakan titik berat kekuatan kekuatan badan, sebagai tempat pemusatan sebuah energy .   Kesimpulannya  Surya Namaskara Asana, adalah suatu sikap tubuh yang di selaraskan dengan rasa dan jiwa, untuk menyembah kekuatan Sang Surya atau matahari untuk mencapai keselarasan dan keharmonisan diri.

Penyakit yang disembuhkan dengan latihan surya namaskara.

     Beberapa penyakit yang terbukti telah disembuhkan dengan melaksanakan Surya Namaskara , seperti : Jerawat, Anemia, Stress dan kelelahan, Kegemukan, Sakit pada pembuluh darah, Sakit pada persendiaan dan rematik, Sakit kepala, Asma dan penyakit paru-paru., Gangguan pencernaan, Sembelit, Tekanan darah rendah, Epilepsi, Diabetes, Penyakit kulit, Kedinginan, Ketidak seimbangan system endokrin, Masalah menstruasi dan monopuse, Gelisah, Depresi, Sakit Syaraf, Sakit kejiwaan.

Latihan yoga Surya namaskara.

     Latihan yoga Surya Namaskara, adalah sebuah teknik penting untuk memperbaiki tubuh dan pikiran, dan juga membantu menyembuhkan penyakit. Surya Namaskara terdiri dari 12 sikap yoga sederhana , asana yang dipadukan dengan Pranayama (latihan pernafasan) dan tehnik bermeditasi.  Latihan ini sangat mudah dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari karena hanya memerlukan waktu 15 menit dalam melaksanakannya untuk mendapat kesehatan pisik, mental dan spiritual.   

    Surya Namaskara adalah teknik penting dalam melakukan yoga. Kelenturan dan penerapannya merupakan cara yang sangat bermanfaat untuk memperoleh hidup sehat, kuat dan aktif dan juga merupakan persiapan untuk pembangkitan spiritual dan meningkatkan kesadaran.  Walaupun tehnik ini telah detemukan sejak dulu, kehidupan modern telah membuat orang sulit untuk melakukan latihan yoga. Sedangkan latihan ini sangat penting dan pundamental. Kebanyakan gaya hidup modern meonjolkan tekanan mental, kekawatiran dan tampaknya banya permasalahan tak terpecahkan dalam berbagai tingkatan hidup. Hal ini mengakibatkan situasi mental dan pisik kita semakin mudah terserang penyakit.

   Melakukan kegiatan yoga, merupakan pencegah stress dan terbukti sebagai dasar dari therapy yang sangat ampuh bagi penyakit pisik maupun mental.

   Pengetahuan ini dibagi bagi orang yang mau meningkatkan diri. Ini hanya sebagai petunjuk, yang menerangkan setau tehnik ampuh untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan kita. , petunjuk ini harus kita buktikan dan mempraktekannya untuk merasakan keampuhannya. Dengan demikian kita akan bisa membenarkan tehnik ini melalui usaha kita sendiri. Begitu anda melatihnya anda akan merasakan peregangan, pemijatan, memperkuat dan merangsang seluruh otot, organ vital dan bagian pisik lainnya. Ltihan ini menghasilkan bentuk tubuh yang sempurna ,dan menghasilkan pembangkitan energy halus, yang mengaktifkan badan pisik. Pelaksanaan yang mantap dengan aliran nafas yang lembut tanpa paksaan mencerminkan irama alam semesta.

Penekanan Latihan.

  1. Asana semestinya dilakukan selembut mungkin dengan kesadaran rasa dan konsentrasi pikiran, untuk merasukan penyatuan kita dalam setiapa gerakan badan.
  2. Pernafasan, disini setiap gerakan melakukan 3 kali putaran nafas, dengan maksud, mengaliri tiga nadi utama , energy secara maksimum, dan memberikan waktu energy, membuka sumbatan-sumbatan, syarap-syarap tubuh kita.
  3. Meditasi sinar matahari, sangat penting membawa kesadaran merasakan aliran energy penyembuh dari sumber energy alam semesta yaitu Matahari.
  4. Penekanan Pada tehnik ini, adalah sebuah hasil pengalaman sebagai praktisi yoga, dan pengalaman menyembuhkan beberapa penyakit berat. Jadi hanya tinggal lakukan dalam latihan.
  5. Kalau perlu tuntunan lebih detail , bisa menghubungi atau datang ke penulis, untuk mendapatkan tuntunan latihan langsung.
  6. Dak ada batasan putaran dalam melakukan gerakan ini, bisa lakukan berkali-kali, sesuai kecukupan, jangan sekali sampai kelelahan .

Kapan dan Dimana sebaiknya melakukan Latihan.

    Saat yang tepat untuk berlatih asana surya namaskar, adalah pada saat matahari terbit, saat penuh kedamaian, ketika atmosfir dipenuhi dengan sinar ultraviolet, yang sangat tinggi bagi tubuh. Berlatih di udara terbuka dengan mengenakan busana tifis yang longgar, agar kulit dapat bernafas dan menyerap energy matahari. Berlatihlah menghadap matahari terbit, dan perut harus dalam keadaan kosong. Dimalam hari juga bisa latihan ini, karena akan memperlancar api pencernaan.

  Tidak ada batasan umur dalam belajar Yoga, yoga akan sangat bermanfaat dalam keseluruhan tahap pertumbuhan. Tapi bagi pemula disarankan jangan latihan terlalu berlebihan.                    

Kiat dalam asana jangan memaksa dan tergesa –gesa.

 Umumnya kita tidak dapat berlatih asana langsung dengan sempurna. Jika melatih asana lakukanlah dengan wajar, jangan memaksakan diri. Lakukan sikap sesuai kemapuan anda dan denga rasa yang enak dan bertahanlah semampu mungkin. Didalam asana tidak ada ketegangan, latihan yang berlebihan dan memaksa akan membuat anda terluka dan tak bisa berlatih dalam waktu yang lama.  Orang tuan atau orang yang tak biasa latihan tiap hari hasrus latihan bertahap. Asana sangat beda denga olah raga berat lainnya dan tarian modern, Bahkan orang yang telah mahir dalam olah raga itu , juga harus berlatih dengan hati hati. Seseorang tidak dibenarkan melakukan asana setelah menjalankan operasi, sebelum benar- benar sembuh. Kecuali dalm pengawasan guru yoga. Jia anda merasa sedikit saja sakit dalam asana, segera berhenti dan savasana, sampai denyut jantung mulai normal dan nafas normal kembali. Setiap akhir latihan asana anda seharusnya terasa lebih segar berenegy bukan merasa lelah. Dengan berlatih konsisten, sungguh –sungguh, dan berkalanjutan, akan dijamin anda akan merasakan energy semakin optimal dan badan terasa lentur.

   Bermalas-malasan dalam berlatih yoga , tidak sesuai dengan tata aturan seorang yogi. Setiap sikap asana dipertahkan untuk mengoptimalkan keseimbang energy. Melalui tekanan yang dipertahankan ini mempengaruhi pengeluaran hormone dalam tubuh. Jangan melakukan pergantian asana tergesa—gesa, bukan banyak ngerakan yang penting tapi berapa cermat anda berlatih. Lakukan perlahan-lahan anda akan merasakan tubuh anda seperti mesin yang hebat dan rasakan gerakan seluruh system didalamnya. Lakukan dengan penuh gerak kesadaran rasa dan pikiran , anda akan merasakan alirab nafas seirama dengan setiap gerakan sikap tubuh anda. Dengan kesadaran anda akan merasakan setiap gerakan bagaikan tarian cosmic, dan mengarungi lautan energy semesta.

Asana untuk perkuat meditasi.

   Bagi yang suka meditasi, asana juga sangat penting dilakukan, sebab dengan melatih asana, kesiapan sikap badan akan semakin kuat dan tak cepat merasa kesemutan atau kelelahan, karena aliran darah akan smakin dilancarkan ke seluruh tubuh. Asana adalah dasr persiapan untuk berlatih meditasi. Tanpa kekokohan ketahanan tubuh, niscaya dapat menenuaikan meditasi dengan baik. Jadi lakukanlah asa ini dua kali sehari. Anda akan merasakan efek yang luar biasa dari meditasi anda.

Sikap Latihan.

   Surya Namaskara artinya penghormatan terhadap matahari dan merasakan serapan energy matahari masuk dan merasuki system tubuh kita. Gerakannya adalah sebuah rangkaian dari duabelas sikap tubuh dalam Yoga.  Asana dengan membungkuk ke depan dan kebelakang bergantian, melenturkn dan meregangkan tulang belakang dan anggota badan pada rentangan maksimumnya Kebanyakan para pemula akan mengalami kekakuan pada tubuh mereka dari ketegangan otot, keketatan urat, dan timbunan racun pada persendian. Kekakuan dan kurangnya koordinasi dan kecendrungan peregangan, semua dapat diatasi dengan latihan perlahan-lahan dengan penekanan pada kesadaran dan relaksasi pada setiap sikap tubuh.Betapapun kecil usaha kalau dilakukan terus menerus akan menjadi metoda efektif untuk mendapatkan tubuh lentur. Untuk dapat menguasaia latihan dengan baik, kita harus akrab dengan sikap tubuh itu satu per satu dan kemudian secara keseluruhan. Menyelaraskan nafas dan gerakan adalah langkah berikutnya.Bila ini dicapai, akan didapatkan bahwa urutan pernafasan menyempurnakan sikapa tubuh . Primsif dasar pernafasan yang dianjurkan adalah satu sikap , dilakukan tiga kalai pernafasan supaya asupan oksigen menjadi optimal, kesetiap titik tubuh kita.

   Sebelum mengawali Latihan , berdirilah dengan kaki yang rapat, dengan lengan dalam keadaan santai disisi badan, tutup mata anda dan rasakan aktifitas seluruh tubuh.  Tingkatkanlah kesadaran tubuh anda, rasakan dari ujung kepala perlahan –lahan turun ke ujung kaki, rasakan diri menurunkan segala ketegangan yang ada dalam diri. Dan sesuaikan posisi sampai merasakan timbul kenyamanan.  Sekarang rasakan diri kita terhubungkan dengan energy sinar matahari, dan rasakan sinar ini menerangi seluruh tubuh kita, dan rasakan energy ini, membawa seluruh ketegangan dan kotoran dalam diri terbawa ke bawah dan ditarik oleh gravitasi bumi melalui kaki anda menuju tanah. Setelah kesadaran menyatu dengan energy matahari, lanjutkan dengan duabelas posisi gerakan, yang selalu diikuti dengan aliran energuy dan sinar ini. Sikap bathin perlu di perhatikan dalam setiap gerakan ini.

SURYA PRANAYAMA  ,

menyucikan dan membersihkan energy menggunakan cahaya Matahari.

      Setelah kita melakukan Asana Surya Namskara, yaitu dua belas gerakan , untuk melenturkan dan membersihkan pisik kita.  Maka Tahap latihan selanjutnya, membersihkan energy kita dengan Jalan melaksanakan olah nafas, yang disebut Pranayama.

Pranayama

Adalah merupakan ilmu cara mengolah dan mengendalikan nafas dan  prana. Nafas adalah bentuk luar dari Prana, yang bersifat kasar , sedangkan Prana bersifat halus. Dengan latihan mengendalikan nafas atau Pranayama kita mampu mengendalikan prana halus yang berada di dalam. Dengan berhaslinya mengontrol Prana, sebagai awal kita mampu mengontrol pikiran, karena pikiran tak dapat bekerja tanpa bantuan Prana. Tanpa prana, pikiran juga tak mampu menggerakan anggota badan, bearti badan juga akan di control. Pisik mempunyai hubungan erat dengan pikiran.  Bila mampu mengendalikan nafas maka kita dengan mudah mengendalikan tubuh yang lainnya. Dengan melakukan Pranayama ini sebenarnya kita secara natural menghilangkan kotoran-kotoran diri kita dengan memanaskannya dalam dapur api perut dan memompa pipa pipa dalam paru-paru.

Prana .

Prana adalah sebenarnya sejumlah total  dari seluruh energy yang terwujud di alam semesta. Semua energy itu adalah daya-daya yang ada di alam semesta dan yang mengatur kehidupan alam . Dan prana juga merupaka daya terpendam yang ada dalam diri kita yang terdpat dimana-mana. Magnet, dingin, panas, oksigen, suara, cahaya adalah manifestasi dari prana itu seniri. Semua kekuatan , semua tenaga bersumber dari sumber yang sama yaitu Atma ( Roh). Semua kekuatan pisik dan mental adalah bersumber dari prana. Sama dengan di alam semesta smua kekuatan dan daya vital bersumber dari satu Tuhan yang maha Tunggal, dengan melatih Pranayama dan mampu mengusai dalanm diri adalah modal dasar untuk mengendalikan Prana alam semesta.  Dengan Pranayama kita akan bisa mengarahkan hidup kita kearah lebih baik, untuk kesehatan, ketenangan, kesuksesan dan sebagainya.  Melalui pelaksanaan Pranayama, kita akan selalu menarik dan menyalurkan energy vital dari sumbernya, yaitu alam semesta kedalam diri kita, yang bias kita gunakan sesuai kebituhan kita. Di alam semest sumber Prana Adalah Matahari, semua kehidupan memperoleh asupan energy terbesarnya dari Matahari, itu kenapa dalam Pranayama Surya, ini kita arahkan pengolahan nafas kita untk terhubung dengan kekuatan energy dan cahaya Matahari itu, yang selanjutnya kita salurkan untk memelihara kesehatan, keseimbangan dan ketenangan hidup kita.

Manfaat dari Pranayama ini adalah:

  1. Kita akan selalu merasa terhubung dengan aliran sumber energy besar Alam semsta.
  2. Kita akan selalu dalam keadaan bersih dan sehat dalam pisik.
  3. Kita akan selalu merasa nyaman dan rilek dalam jiwa.
  4.  Kita akan selalu memperbaiki seluruh system dalam tubuh.
  5. Kita akan selalu membersihkan energy dan aura.
  6. Kita dalam tuntunan kesehatan, ketenangan, kesuksesan dan kedamaian hidup.

Praktek Pranayama Surya.

Dalam pelaksanaan Pranayama, akan di uraikan dulu arah prana sesuai tingkat kebutuhan.  Dalam kesempatan ini, akan kita laksanakan Pranayama Tahap pembersihan seperti:

a.Pranayama  Pembersihan Nadhi-Nadhi.( nadhi Suddhana ).

2.Pranayama pembersihan System tubuh / gland system ( cakra Sudhana).

3.Pranayama pembersihan Organ-organ ( Bhuta Sudhana ).

4.Pranayama  pembersihan Darah dan aliran darah ( Bhastrika).

Pranayama Surya Pembersihan.

Dalam pembersihan ini ada tiga hal penting yang perlu kita berikan pembersihan melalui Pranayama, seperti Nadhi-Nadhi ( saraf-saraf Tulang belakang),  System-system Tubuh ( Galad system), Dan Organ-organ dalam tubuh. Ketiga ini memegang peranan yang sanagt penting untuk kesehatan kita baik pisik maupun pisikis.

Ambil sikap Padmasana, kalau belum bias silahkan pakai sukhasana.

Rilekan tubuh, rasa dan pikiran, tutup mata dan dengan konsentarsi bathin rasakan diri kita terhubung dengan kekuatan Matahari, rasakan energy menyentuh kita dan rasakan juga sinar matahari yang suci menyinari seluruh tubuh kita, rasakan hubungan semakin kuat dan rasakan tubuh kita semakin terang bercahaya. Dan selanjutnya rasakan kehadiran energy murni dan suci menentuh kita

Sikap selanjutnya.                    

Tutup lubang hidung kanan dan konsentrasikan kesadaran pada aliran energy di lubang hidung kiri.  Kalau memungkinkan rasakan dalam energy itu ada cahaya Matahari. Gunakan energy ini dan arahkan ke tulang punggung untuk membersihkan saraf-saragf tulang belakang, lakukan nafas sebanyak 7 kalai putaran, lakukan dengan lembut dan dalam. Sterusnya Gantian, tutup lubang hidung Kiri, rasakan aliran energy di lubang hidung kanan, dan konsentrasi kesadaran dan tehnik yang sama, lakuakn pernafasan lembut dan dalam sebanyak 7 kali putaran. Sipak selanjutnya, lakukan masuk dan keluarnya aliran nafas dilubang hidung secara bergantian. Caranya:  tutup lubang hidung kanan rasakan energy masuk di lubang hidung kiri, selanjutnya tutup lubang hidung kiri dan rasakan nafas keluar di lubang hidung kanan, seterusnya rasakan nafas masuk di hidung kanan, dan tutup lubang hidung kanan, rasakan nafas keluar di lubang hidung kiri. Lakukan juga selama 7 kali putaran, lembut dan tanpa henti.  Perlu diperhatikan ,  posisi tubuh harus tegak dan tulang punggung lurus, pranayama lakukan dengan rilek saja tanpa ada kesan dipaksakan. Kenyamanan akan menghadiri kita.

  1. Pembersihan System tubuh, Glannd system ( cakra Suddhana)

Sehabis melakukan Nadhi Suddhana pembersihan saraf-saraf tulang belakang, sesi selanjutnya melakukan pembersihan system tubuh atau cakra Suddhana.  Caranya,:  Ambil sikap seperti gambar di atas.  Tutup lubang hidung kanan, dengan tangan kiri diangkat ke atas, dan jari tangan rasakan peka.  Kesadaran sma dengan Nadhi suddhana, yang beda adalah arah energynya.  1.Tarik nafas lembut melalui hidung kiri, sekarang  arahkan nafas keluar ke tulang ekor dan rasakan energy melakukan pembersihan, 2. Tarik  lagi energy masuk  lembut dan arahkan keluar di organ reproduksi daerah sex , rasakan lakukan pemebrsihan. 3, Tarik nafas dalam dan lembut, selanjutnya arahkan energy keluar di organ pencernaan daerah perut, rasakan melakukan pembersihan. 4. Tarik nafas lembut dan dalam , rasakan dikeluarkan di daerah  jantung dan rongga dada, rasakan pembersihan. 5. Tarik nafas lembut dan dalam, rasakan keluar di daerah tenggorokan , organ pernafasan, rasakan pembersihan. 6. Tarik lagi nafas lembut dan dalam, rasakan dikeluarkan di daerah dahi, rasakan membersihakan daerah muka. 7. Tarik nafas lembut dan dalam lagi, Rasakan keluar di ubun-ubun, rasakan pembersihan daerah kepala. 

Selanjutnya , lakukan bergantian dengan menutup lubang hidung kanan, dan mengankat tngan kiri. Dengan kesadaran dan tehnik yang sama, lakukan pranayama pembersihan ini.

Setelah melakukan tehnik di hidung kanan, sekarang  ambil lagi sikap,Dhyana Veera sana.

Sekarang lakukan, pernafasan kejiwaan dengan merasakan aliran energy di tiap organ dan system tubuh. Caranya:

Dengan konsentrasi kesadaran, 1. Rasakan energy masuk di Tulang ekor , dan keluarkan lembut di daerah sx reproduksi, 2. Rasakan energy masuk di daerah sex reproduksi, rasakan keluar di daerah perut pencernaan, 3. Rasakan energy masuk di daerah perut, rasakan keluar di daerah jantung, rongga dada,  4. Rasakan energy masuk di daerah Jantung dan keluarkan di daerah tenggorokan, system pernafasan, 5. Rasakan energy masuk di tenggorokan, rasakan keluar di daerah kening system sensor, 6. Rasakan energy masuk di daerah kening, rasakan keluarn di ubun-ubun, 7. Rasakan energy masuk di ubun-ubun , rasakan keluar di seluruh kulit. Dalam setiap pengeluaran nafas, selalu rasakan terjadi pembersihan system tubuh.

  1. Pembersihan Organ-Organ dalam.

Setelah melakukan pembersihan Nadhi-Nadhi dan Gland System, lanjutkan dengan melakukan Pranayama pembersihan organ dan rongga Dalam. Caranya:

Ambil sikap seperti Gambar ( Simhasana), rasakan saja rongga dalam dan organ dalam , tarik nafas lebut sampai penuh rasanya di dalam, dan keluarkan dengan cepat lewat mulut, dengan lidah dijulurkan ke luar. Rasakan energy menarik dan menekan organ dalam untuk dibersihkan.  Lakukan hal ini, minimal 7 kali.  Dengan lakukan ini, racun-racun akan terbuang dan rasanya akan nyaman dan segar.

  1. Lakukan pembersihan darah dan aliran darah. Caranya:

Ambil sikap seperti gambar ( Badrasana ), sejenak rasakan api dalam perut dinaikan, lakukan pernafasan cepat ( Bhastrika Pranayama ), rasakan api dalam perut membesar dalam tipa tarikan dan embussan nafas, membakar dan membersihkan darah dan aliran darah.  Lakukan minimal 7 kalai putaran.  Setelah lakukan ini akan terasa Nyaman sekali.

Pranayama harus dilakukan , dengan rilek dan usahakan dalam keadaan perut kosong. Supaya dapat hasil yang maksimal. Selamat berlatih.

  MEDITASI  SURYA

Setelah kita melakukan , segala kegiatan pembersihan diri dengan Pranayama Surya,  Pembersihan Nadhi- Nadhi, Pembersihan Cakra-ckara, Gland system,  Dan pembersihan Organ-organ dalam,  Maka selajutnya kita lakukan meditasi penghubungan diri dengan pusat-pusat energy alam semesta. Tujuannya agar pasokan energy selalu mengalir dari alam semesta ke diri kitam sehingga membantu, seluruh proses system tubuh bekerja optimal.

Caranya:

    Ambil Sikap seperti gambar diatas  dalam ketenangan hati , pikiran dan jiwa lakukan doa penuntun. Pertama , berdoa Pada Sang Roh dalam diri kita ( Atman ) , semoga dituntun dalam meditasi ini.  Kedua, doa kehadapan Surya/ Matahari smoga disinari jalan terang dan suci dalam meditasi ini.  Ketiga doa kehadapan seluruh energy yang ada di alam semesta, smoga kita di berikan perlindungan selama meditasi. Keempat Doa Ke hadapan Tuhan yang Maha Kuasa, semoga diberikan Tuntunan juga dalam Meditasi ini.

  Selanjutnya setelah merasakan ketenangan, lanjutkan dengan merasakan pusat-pusat energy diri kita dengan pusat-pusat energy alam semesta.  Kesadarannya sebagai berikut:

  1. Bawa kesadaran Pada tulang ekor. Dan rasakan juga sampai kaki dan telapak kaki. Tulang ekor, sebagai pusat energy yang disebut Mooladhara Cakra.  Ini rasakan mengambil dan menyalurkan energy dari pertiwi/ tanah.  Dalam penarikan Nafas rasakan Tulang ekor menarik energy dari tanah dan disalurkan ke seluruh badan, dan dalam hembusan nafas, rasakan neregy negative badan keluar melalui tulang ekor kembali ke tanah. Lakukan pernafasan ini berulang sebanyak 3 kali, lakukan lembut dan halus saja, dengan kesadaran Jiwa. Selanjutnya,
  2. Bawa kesadaran Pada daerah system sex / reproduksi. Dan rasakan juga sampai ke organ –organ sex. Daerah Sex, sebagai pusat energy yang disebut Swadhistana Cakra.  Ini rasakan mengambil dan menyalurkan energy dari air.  Dalam penarikan Nafas rasakan daerah sex menarik energy dari air dan disalurkan ke seluruh badan, dan dalam hembusan nafas, rasakan neregy negative badan keluar melalui daerah sex kembali ke air. Lakukan pernafasan ini berulang sebanyak 3 kali, lakukan lembut dan halus saja, dengan kesadaran Jiwa. Selanjutnya.
  3. Bawa kesadaran Pada daerah perut / pencernaan. Dan rasakan juga sampai ke organ –organ perut. Daerah perut, sebagai pusat energy yang disebut Manipura Cakra.  Ini rasakan mengambil dan menyalurkan energy dari api.  Dalam penarikan Nafas rasakan daerah perut menarik energy dari api dan disalurkan ke seluruh badan, dan dalam hembusan nafas, rasakan neregy negative badan keluar melalui daerah perut kembali ke api. Lakukan pernafasan ini berulang sebanyak 3 kali, lakukan lembut dan halus saja, dengan kesadaran Jiwa. Selanjutnya.
  4. Bawa kesadaran Pada daerah Jantung . Dan rasakan juga sampai ke organ –organ daerah dada. Daerah jantung, sebagai pusat energy yang disebut Anahata Cakra.  Ini rasakan mengambil dan menyalurkan energy dari Angin/ udara.  Dalam penarikan Nafas rasakan daerah jantung menarik energy dari udara dan disalurkan ke seluruh badan, dan dalam hembusan nafas, rasakan neregy negative badan keluar melalui daerah jantung kembali ke udara. Lakukan pernafasan ini berulang sebanyak 3 kali, lakukan lembut dan halus saja, dengan kesadaran Jiwa. Selanjutnya.
  1. Bawa kesadaran Pada daerah tenggorokan. Dan rasakan juga sampai ke organ –organ spernafasan. Daerah tenggorokan, sebagai pusat energy yang disebut Wisudha Cakra.  Ini rasakan mengambil dan menyalurkan energy dari Suara alam.  Dalam penarikan Nafas rasakan daerah tenggorokan menarik energy dari suara alam dan disalurkan ke seluruh badan, dan dalam hembusan nafas, rasakan neregy negative badan keluar melalui daerah tenggorokan  kembali ke suara alam. Lakukan pernafasan ini berulang sebanyak 3 kali, lakukan lembut dan halus saja, dengan kesadaran Jiwa. Selanjutnya.
  1. Bawa kesadaran Pada daerah kening/ antara dua alis. Dan rasakan juga sampai ke organ –organ indra. Daerah kening, sebagai pusat energy yang disebut Agna Cakra.  Ini rasakan mengambil dan menyalurkan energy dari Cahaya .  Dalam penarikan Nafas rasakan daerah kening menarik energy dari Cahaya dan disalurkan ke seluruh badan, dan dalam hembusan nafas, rasakan neregy negative badan keluar melalui daerah dahi  kembali ke Cahaya. Lakukan pernafasan ini berulang sebanyak 3 kali, lakukan lembut dan halus saja, dengan kesadaran Jiwa. Selanjutnya.
  1. Bawa kesadaran Pada daerah ubun-ubun Dan rasakan juga sampai ke organ –organ kepala dan otak. Daerah ubun-ubun, sebagai pusat energy yang disebut Sahasrara Cakra.  Ini rasakan mengambil dan menyalurkan energy dari spirit dan pengetahuan semesta.  Dalam penarikan Nafas rasakan daerah ubun-ubun menarik energy dari spirit dan pengetahuan semesta dan disalurkan ke seluruh badan, dan dalam hembusan nafas, rasakan neregy negative badan keluar melalui daerah ubun-ubun  kembali ke alam. Lakukan pernafasan ini berulang sebanyak 3 kali, lakukan lembut dan halus saja, dengan kesadaran Jiwa. Selanjutnya.

Setelah  melakukan semuanya , sekarang tenang dan rasakan sejenak seluruh system tubug dialiri energy dari alam semesta, rasakan sensasi-sensasi yang ada. Upayakan sikap menerima aliran energy ini.

                                    Mengoptimalkan Energy Dalam Diri

Setelah menerima aliran energy dari alam semesta, sekarang lakukan langkah mengoptimalkan energy, menyalurkan dalam diri kita, supaya energy yang kita himpun bisa membantu kerja tiap system tubuh kita, Lihat lah gambar diatas!, untuk mengoptimalkan energy kita lakukan dengan menggetarkan energy itu dengan getaran nadha/ suara, sebab smakin kita getarkan energy semakin mengembang energy dalam diri kita. Caranya:

  1. Pusatkan kesadaran hanya pada , tulang ekor / Mooladhara Cakra. Getarkan energy di daerah ini, dengan nadha/ suara Aaaaa….. panjang, sebanyak 3 kali. Lakukan dengan penuh kesadaran dan rasakan energy mengalir keseluruh tubuh. Rasakan energy semakin memperkuat seluruh tubuh dan system tubuh kita. Selanjutnya,
  2. Pusatkan kesadaran hanya pada daerah sex /Awadhistana Cakra. Getarkan energy di daerah ini, dengan nadha/ suara Iiiiii ….. panjang, sebanyak 3 kali. Lakukan dengan penuh kesadaran dan rasakan energy mengalir keseluruh tubuh. Rasakan energy semakin memperkuat seluruh tubuh dan system tubuh kita. Selanjutnya,
  3. Pusatkan kesadaran hanya pada daerah perut / Manipura Cakra. Getarkan energy di daerah ini, dengan nadha/ suara Uuuuu….. panjang, sebanyak 3 kali. Lakukan dengan penuh kesadaran dan rasakan energy mengalir keseluruh tubuh. Rasakan energy semakin memperkuat seluruh tubuh dan system tubuh kita. Selanjutnya,
  4. Pusatkan kesadaran hanya pada Jantung/Anahata Cakra. Getarkan energy di daerah ini, dengan nadha/ suara Eeeee….. panjang, sebanyak 3 kali. Lakukan dengan penuh kesadaran dan rasakan energy mengalir keseluruh tubuh. Rasakan energy semakin memperkuat seluruh tubuh dan system tubuh kita. Selanjutnya,
  5. Pusatkan kesadaran hanya pada Tenggorokan / Wishuda Cakra. Getarkan energy di daerah ini, dengan nadha/ suara Ooooo….. panjang, sebanyak 3 kali. Lakukan dengan penuh kesadaran dan rasakan energy mengalir keseluruh tubuh. Rasakan energy semakin memperkuat seluruh tubuh dan system tubuh kita. Selanjutnya,
  6. Pusatkan kesadaran hanya pada Dahi / Agna Cakra. Getarkan energy di daerah ini, dengan nadha/ suara Ngngngng….. panjang, sebanyak 3 kali. Lakukan dengan penuh kesadaran dan rasakan energy mengalir keseluruh tubuh. Rasakan energy semakin memperkuat seluruh tubuh dan system tubuh kita. Selanjutnya,
  7. Pusatkan kesadaran hanya pada Ubun-ubun /Sahasrara Cakra. Getarkan energy di daerah ini, dengan nadha/ suara Ommmmmm….. panjang, sebanyak 3 kali. Lakukan dengan penuh kesadaran dan rasakan energy mengalir keseluruh tubuh. Rasakan energy semakin memperkuat seluruh tubuh dan system tubuh kita. Selanjutnya,

 Dengan memperhatikan gambar kita akan sedikit di tuntun mengerti lingkaran energy dan merasakan getarannya. Lakukan saja dengan pelan dan jang terburu-buru, pasti akan diberikan mampaat dari usaha yang kita lakukan.

                                          Mengharmoniskan Energy Dalam Diri Kita

Mengharmoniskan energy tiap cakra.

Setelah mengoptimalkan energy, selanjutanya kita perlu latihan menyeimbangkan dan mengharmoniskan energy , antara pusat-pusat energy dalam tubuh kita, karena keseimbangan energy memegang kunci penting untuk menjaga kesehatan kita. Caranya:

  1. Niatkan dengan kesadaran menyatukan energy di tubuh bagian bawah, dengan merasakan energy di tulang ekor, energy sex dan energy daerah perut menyatu dan semakin harmonis dan seimbang. Lakukan getaran nadha untuk menyeimbangkan ini. Getarkan dengan nadha Ang……. Sepanjang hembusan nafas, lakukan sebanyak 3 kali. Rasakan energy tubuh bagian bawah semakin harmonis. Rasakan saja. Selanjutnya,
  2. Niatkan dengan kesadaran menyatukan energy di tubuh bagian atas, dengan merasakan energy di tenggorokan, energy dahi dan energy daerah ubun-ubun menyatu dan semakin harmonis dan seimbang. Lakukan getaran nadha untuk menyeimbangkan ini. Getarkan dengan nadha Ung……. Sepanjang hembusan nafas, lakukan sebanyak 3 kali. Rasakan energy tubuh bagian atas semakin harmonis. Rasakan saja. Selanjutnya,
  3. Niatkan dengan kesadaran menyatukan energy di tubuh bagian tengah, dengan merasakan energy di perut, energy jantung  dan energy daerah tenggorokan menyatu dan semakin harmonis dan seimbang. Lakukan getaran nadha untuk menyeimbangkan ini. Getarkan dengan nadha Mang……. Sepanjang hembusan nafas, lakukan sebanyak 3 kali. Rasakan energy tubuh bagian atas semakin harmonis. Rasakan saja. Selanjutnya,

Mengharmoniskan Energy seluruh Tubuh.

Setelah mengharmoniskan energy dari tiap-tiap sumber energy dalam tubuh, akan merasakan energy bagain bawah, bagian tengah dan bagian atas tubuh, semakin kuat dan seimbang.  Sudah itu Lanjutkan dengan mengharmoniskan, energy di seluruh tubuh kita.  Lihatt gambar diatas, dan caranya:

Konsentrasikan kesadaran pada seluruh tubuh rasakan selurah pusat energy cakra kita terhubung dan rasakan saluran aliran energynya sebakin menyebar ke seluruh tubuh.  Lakukan dengan konsentrasi penuh getaran penyatuan energy, dengan getaran Nadha AUM, secara berulang-ulang sebanyak 7 kali. Rasakan dan berikan waktu enery semakin kuat dan menyatu disetiap, oragan dan system tubuh kita. Rasakan sejenak sensasi energy, di setiap bagian-bagian tubuh kita.

                           Mengharmoniskan Energy Diri Dengan Energy Alam Semesta.

Setelah mengharmoniskan energy dalam diri, agar energy smakin kuat dan seimbang, kita perlu melaksanakan pengharmonisan energy dengan alam semesta. Alam semesta adalah sumber segala energy, kita selalu harus melaksanakan pengharmonisan dan selalu selaras dengan alam semesta.

Caranya: Berdiri tegap lihat seperti gambar, rasakan seluruh kulit semakin peka, jari-jari tangan semakin peka, telapak kaki semakin kuat terhubung dengan tanah, rasakan ubun-ubun terbuka dan peka, terhubung dengan akasa, energy langit.  Konsentrasikan kosadaran rasakan hubungan ini sejenak. Selanjutnya lakukan cara nya:

  1. Rasakan telapak kaki terhubung dengan pertiwi / tanah, rasakan aliran enrgy masuk ke telapak kaki. Lakukan penarikan nafas lembut dan dalam, setelah itu keluarkan nafas getarkan dengan Om….. panjang. Lakukan 3 kali putaran.
  1. Rasakan jari-jari tangan terhubung dengan prana alam semesta, rasakan aliran enrgy masuk ke jari -jari tangan .Lakukan penarikan nafas lembut dan dalam, setelah itu keluarkan nafas getarkan dengan Om….. panjang. Lakukan 3 kali putaran.
  1. Rasakan ubun-ubun terhubung dengan akasa/langit, rasakan aliran enrgy masuk ke ubun-ubun .Lakukan penarikan nafas lembut dan dalam, setelah itu keluarkan nafas getarkan dengan Om….. panjang. Lakukan 3 kali putaran.
  1. Rasakan jantung terhubung dengan prana organ tubuh, rasakan aliran enrgy masuk ke jantung .Lakukan penarikan nafas lembut dan dalam, setelah itu keluarkan nafas getarkan dengan Om….. panjang. Lakukan 3 kali putaran.
  1. Rasakan kulit terhubung dengan prana alam semesta, rasakan aliran enrgy masuk ke pori-pori kulit .Lakukan penarikan nafas lembut dan dalam, setelah itu keluarkan nafas getarkan dengan Om….. panjang. Lakukan 3 kali putaran.
  1. Terakhir rasakan Aura terhubung dengan prana alam semesta, rasakan aliran enrgy masuk ke Aura.Lakukan penarikan nafas lembut dan dalam, setelah itu keluarkan nafas getarkan dengan Om….. panjang. Lakukan 3 kali putaran.

Dengan latihan ini, kita akan betul-betul terasa segar bugar, dan selalu mendapat asupan energy baru dari alam semesta, yang berguna untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit kita.  Tutup meditasi dengan Doa ucapan terimakasih kehadapan Tuhan dan seluruh ciptaannya, karena semuanya telah membantu kita , dalam latihan ini.

Savasana adalah sikap relaksasi.

   Sehabis melakukan gerakan Surya namaskar, kita lanjutkan dengan sikap relaksasi yang disebut Savasana. Ini membantu menghilangkan ketegangan yang ada pada tubuh kita. Ini memerlukan kehendak sadar dari seluruh badan untuk santai sampai merasa lemas. , sehingga bagaikan mayat tanpa nyawa. Dalam posisi ini, tubuh akan dialiri energy murni alam semesta, sehingga tubuh akan disegarkan kembali dengan badan dan pikiran dalam keadaan santai yang selaras.

     Savasana setelah melakukan asana surya namaskar sangat penting karena akan memberikan kesempatan pada tubuh untuk mengadakan pengaturan dan melepaskan racun apapun yang terlanjur masuk dalam peredaran darah.  Dalam savasana kita melakukan pernafasan pisikis, yang menuntun kita menyadari energy masuk ke pembuluh halus kita. Dalam kegiatan sehari-hari kita dak pernah menyadari ini karena pikiran kita, terikat ekternal. Selama melakukan ini hanya diperlukan hati terbuka menerima aliran energy alam semesta.

Mengapa Surya Namaskara bisa menyembuhkan penyakit?

Surya namaskara merupakan therapy yoga yang sangat ampuh, dan memiliki jangkauan therapy yang sangat luas. Karena Surya Namaskara ini mudah dan menyenangkan untk dilakukan dan tidak butuh waktu banyak. Kesehatan pisik merupakan syarat mutlak bagi kesehatan mental.

  Pada bagian ini kita akan membicarakan dan menggarisbawahi Surya Namaskara sebagai peralatan therapy, yang menguraikan bagaimana bisa mencegah terjadinya penyakit dan meluruskan fungsi fisik, aliran energy dan keseimbangan mental. Sesungguhnya peranan Surya namaskara pada kesehatan mental jauh lebih besar dari apa yang di perkiraan orang.

 Walaupun Surya namaskar merupakan cara ampuh untuk membasmi berbagai penyakit, tapi harus diajarkan di bawah bimbingan ahlinya yang sudah memahami therapy Yoga ini, kalau tidak malah akan membuat cidera pada bagian tubuh kita. Proses penyembuhan harus di laksanakan secara perlahan-lahan dan terkendali di bawah bimbingan ahlinya.

Beberapa gangguan penyakit yang yang dapat diperbaiki oleh Surya namaskara seperti : jerawat, bisul, anemia, kurang nafsu makan, kelelahan, kegemukan, reamatik dan persendian, sakit kepala, asma, dan penyakit paru-paru lainnya, pencernaan, sembelit, penyakit ginjal, penyakit hati, tekanan darah rendah, epilepsy, diabetes, penyakit kulit, flu, ketidak seimbangan kelenjar indocrine, maslah menstruasi dan monopuse, penyakit pikiran seperti kecemasan, depresi, dan syaraf.

System Tubuh sebagai landasan therapy.

   Tubuh manusia tersusun atas sejumlah system organ berbeda yang bekerjasama untuk melakukan fungsi badan tertentu dan menjaga organism menjadi satu kesatuan yang utuh. Semua system vital merupakan interaksi yang seimbang dari berbagai system organ yang saling bergantung. Kegagalan pda salah satu system organ atau fungsinya akan merugikan pada seluruh system tubuh dan penyakit tidak dapat dihindari lagi.

Dari susdut pandang Yoga, kesehatan yang buruk disebabkan oleh ketidak seimbangan dalam system energy tubuh. Tidak berpengaruh betapapun cerdasnya seseorang ataupun betapapun baik dan taat hukumnya seseorang, kalau sustem energynya tak berfungsi sewajarnya, orang itu akan menderita penyakit. Penyakit akan menyerang tanpa peringatan, namun tanpa disadari penyakit itu sudah mengendap bertahun-tahun pada tubuh kita. Tersembunyi pada struktur genetis tubuh atau terselip di alam bawah sadar kita. Tapi kalau keseimbangan energy teap terjaga, semua penyakit akan menyingkir dari kita.

Nadhi yang tidak seimbang, mengakibatkan penyakit.

  Dalam kehidupan normal Nadhi Ida dan Punggala, tidak seimbang energynya, menyebabkan selalu terjadi fluktuasi energy, perasaan bathin, periode sehat dan sakit, terjadinya pasang surut dalam kehidupan. Ini adalah proses normal karena sebagai penggantian energy secara terus menerus dari Ida ke Pinggala dan kembali lagi dari Pinggala ke Ida Nadhi dalam suatu siklus. Pada individu normal selalu terjadi dominasi energy pada salah satu nadhinya, bisa ida atau Pinggalanya, jarang sekali mengalami keseimbangan kedua Nadhi ini. Suatu penyakit akan timbul, kalau terjadi dominasi energy pada Satu nadhi dalam waktu lama.

Seseorang yang lebih didominasi oleh Pinggala Nadhi, orang ini akan sangat ektrovert, memiliki pengalaman bathin yang sangat sedikit, mencari pemenuhan bathin dengan kesenangan di luar, keingginan dan ambisi. Secara terus menerus akan mengejar kebahagiaan dari luar, dan begitu tak terpenuhi dan memuaskan bathinnya akan mengakibatkan frustrasi dan tekanan bathin. Secara anatomy orang yang dominasi Pinggala cendrung terlalu mengaktifkan system syaraf simpatetisnya, mengeluarkan terlalu banyak asam yang menyebabkan luka, peningkatan tekanan darah melampaui batas normal. Mengeluarkan adrenalin terlalu banyak karena selalu bersikap berjuang dalam kometisi kehidupan dan olah raga akan menjadi sedikit waktu. Akhirnya endocrine dan metabolism tidak seimbang akan mengkibatkan orang ini selalu gelisah dan sangat peka, tidak ada ketentraman dalam bathin.

Seseorang yang didominasi oleh Ida Nadhi, orang ini akan bersifat introvert, senang melamun, lebih banyak berpikir daripada berbuat, sangat sensitive dengan segala kejadian luar dan antar pribadi, ia mencari kebahagian bhatin dalam dirinya.Energynya sangat lemah, penyakit yang terjadi biasanya sperti sembelit, depresi, kecemasan, radang usus besar, eksim, dan kondisi psikhosomatik.

Seimbangkanlah kembali Nadhi-nadhi ini.

Latihan Surya namaskara, dapat mencegah datangnya penyakit dari maslah nadhi ini, karena kondisi ini membutuhkan dorongan prana Sakti untuk mengembangkan stamina tubuh yang diperlukan untuk mengatasi penyakit, dan juga mengaktifkan proses katabolis dalam metabolism kita.  Latihan Surya Namaskara bukan hanya menghilangkan efek racun pada jaringan tubuh kita, tapi juga merangsang proses perkuatan sel-sel , dalam sel maupun antar sel. Dengan selalu seimbangnya nadhi, keharmonisan energy di dalam diri kita akan memdorong kondisi kita pada kesehatan tubuh.

Efek Langsung dan Menyeluruh Surya Namaskara Pada Tubuh.

   Dengan melakukan Surya Namaskara akan memberikan efek langsung pada tubuh kita, dengan memberikan tekanan, pemijatan, peregangan dan secara umum memperkuat dan menyokong struktur jaringan internal. Ini membantu fungsi pelenyapan dan merangsang energy saraf, untuk meningkatankan kesehatan secara menyeluruh. Manfaat Langsung pada setiap system organ tubuh kita, dapat di lihat seperti berikut ini.

System Pernafasan.

  Paru-paru kita terdiri dari ruang-ruang atau bagian-bagian. Pada pernafasan normal orang jarang menggunakan semua bagian paru-paru, yang digunakan bagian bawah saja, dan bagian atas jarang digunakan. Sehingga penuh timbunan udara yang tak terpakai, seperti karbon dioxide dan gas-gas mengandung racun. Tumbunan ini secara berlawanan mempengaruhi system pernafasan dan system tubuh lainnya. Dalam gerakan Surya namaskara, prose pernafasan ritmis mendalam yang disesuaikan dengan setiap gerakan akan mengosongkan paru-paru dari unsure udara yang tak diinginkan dan mengganti dengan udara baru yang lebih bersih, segar dan penuh oksigen.  Ini terutama terjadi dalam gerakan  hasta utthanasana  yang membuka rongga dada dan Padahastasana, dengan menghembuskan nafas perlahan-lahan keluar lewat mulut terbuka merupakan pernafasan pembersihan amat kuat. Semua kantung paru-paru dikembangkan, kemudian dirangsang dan dibersihkan. Kandungan oksigen darah otomatis meningkat yang memberikan vitalitas dan oksigen yang cukup pada sel-sel dan jaringan badan dan otak. Kelesuan akan cepat diatasi, penyakit pernafasan seperti penumpukan lendir , TBC dan lainnya cepat dihilangkan.

System Peredaran Darah.

Latihan Surya Namaskara dapat meningkatkan fungsi hati, yang hasilnya meningkatkan peredaran darah dan mempercepat pelenyapan limbah racun dan memberikan oksigen segar dan nutrisi pada sel-sel.  Timbunan darah yang terhenti pada limpa dan organ lainnya di hilangkan dan sirkulasi darah ditingkatkan. Otot jantung diperkuat, pembuluh darah jantung dan arteri koroner  dipacu berlipat ganda. Dan peredarah darah meningkat serta mengurangi kemungkinan serangan jantung. Sirkulasi darah yang lamban, seperti kedinginan pada kaki dan tangan, penyakit pembuluh darah juga dihilangkan. Sirkulasi darah pada kelenjar getah bening untuk keseimbangan cairan  ditingkatkan sehingga meningkatkan kemapuan penyembuhan natural dalam diri. Padahastasana dan Parvatasana membantu mengembalikan darah dari bagian tubuh bawah ke jantung, meregangkan otot-otot kaki dan menggunakan kekuatan gravitasi secara terbalik.

System Pencernaan.

Gerakan bergantian dari peregangan dan penekanan pada Surya namaskara menyelaraskan seluruh sytem pencernaan dengan pemijatan menyeluruh pada semua rongga perut. Padahastasana dan bhujangasana merupakan asana sangat ampuh untuk menekan dan merangsang organ –organ perut. Tidak hanya berfungsi menurai zat yang tidak diperlukan , tapi juga meningkatakan api pencernaan, yang menambah nafsu makan dan mempercepat proses penyerapan sari-sari makanan. Pencernaan yang baik adalah awal kesehatan menyeluruh. Makanan yang tak tercerna akan meragi  dalam perut dan usus dan menjadi gas yang menghalangi seluruh saluran pembuangan pada tubuh. Masalah sembelit dan masalah perut lainnya dapat dihilangkan.

System Urine

Ginjal memiliki fungsi amat penting dalam mengatur air dan garam pada tubuh kita, ia juga menekan kotoran dari darah dan mengeluarkannya melalui air kencing lewat kantung kemih. Ganguan pada ginjal dapat mengakibatkan ketidak seimbangan garam dan meningkatkan kandungan nitrogen dalam darah yang menyebabkan penyakit. Jika ginjal dalam keadaan tidak lancer atau kerusakan ginjal ringan, aka nada kecendrungan membentuk batu atau terjadinya infeksi yang ditandai dengan warna air kencing, agak gelap, baunya keras, sering kencing dan rasa sakit pada ginjal. Gerakan Bhujangasana, Astanga namaskara, dan asva sancalasana, akan mencegah segala akibat buruk di atas tadi.

System Kulit

Kulit adalah bagian terbesar dalam tubuh kita dan menyatukan dengan tubuh kita, dan juga mengeluarkan racun tidak berguna memalui keringat. Ketika terjadi penumpukan racun dalam darah, akan keluar melalui kulit dalam bentuk bisul, bintik-bintik merah, dan jerawat, bau tidak sedap dan sebagainya. Pada saat kita melatih Surya namaskara  sinar ultraviolet akan diserap oleh kulit, dan sinar ini menghasilkan vitamin D yang berguna untuk kesehatan  kulit. Semua asana melenturkan jaringan kulit dan menjaga fungsinya.

System Saraf.

Ke duabelas gerakan asana dalam surya namskara, semua system sraf diperbaiki, karena tulang belakang otomatis diregangkan dan ditekan sampai batas maksimum, merangsang sirkulasi pada seluruh bagian tulang belakang dan jaringan saraf. Surya namaskara menyesuaikan aliran saraf dengan merangsang organ internal, bekerja pada tulang belakang dan meningkatkan prana yang mengaktifkan pusat otak. Setelah berlatih anda akan merasakan badan anda penuh energy. Seluruh system saraf diaktifkan dan dibangukan.

Sistem Kelenjar Endokrin

    Kelenjar-kelenjar endokrin adalah system yang paling penting dan misterius dari semua system yang ada. Mereka memainkan peranan yang amat penting dalam mengkoordinir semua proses fisiologis. Fungsi utama dari kelenjar endokrin adalah memproduksi dan mengeluarkan hormone, unsusr-unsur kimia yang dilepas dalam aliran darah dan diedarkanke seluruh tubuh dan bertanggung jawab terhadap organ-organ tertentu. Hormon ini bertindak sebagai penggerak, perangsang organ lain untuk melakukan fungsinya masing-masing. Surya Namskara, akan sanagt bermanfaat untuk selalu menjaga system kelenjar endokrin menjaga fungsinya, berikut dijelaskan:

Kelenjar Pituitari (Pada Otak) , Sahasrara Cakra.

Kelenjar ini dikenal sebagai kelenjar penguasa tubuh. Pusat yang penting ini mengatur fungsi kelenjar lain, merangsang dan mencegah skresinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Terdiri dari banyak sekresi hormonal yang mengendalikan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.  Dengan meningkatnya aliran tubuh ke kepala dan pengaruhnya pada system saraf. Surya namaskar akan selalu merangsang hipotamalus yang mengatur fungsi dari pituitary. Surya namaskara memiliki akbita langsung pada kelenjar ini. Dengan gerakan terbaliknya.

Kelenjar Pineal , Agna Cakra.

Kelenjar ini sangat kecil dalam otak, mempunyai fungsi sanagt penting sebagai penghubung anatara berbgai tingkat kesadaran di atas dan di luar bidang fisik. Melalui rasangan pada pusat ini, kita mampu menghubungi lapisan lebih dala dari pikiran dan mengembangkan daya kesadaran, intusi, visualisasi dan imajinasi yang meningkat, yang bersatu padu pada setiap diri manusia. Kelenjar pineal dekenal sebagai mata ketiga. Asana terbalik adalah paling penting menyelaraskan kelenjar ini. Surya Namaskara mempunyai peranan penting dalam menjaga kelenjar ini, agar selalu berpungsi sbagai jendela Bathin.

Kelenjar Thyroid /Parathyroid, Wishuda Cakra.

Kelenjar ini terletak pada tenggorokan mengendalikan laju metabolism atau kecepatan pencernaan dalam membakar makanan. Panas tubuh, pertumbuhan dan perkembangan juga dipengaruhi oleh sekresi kelenjar ini.  Kondisi kurang aktifnya kelenjar ini menyebabkan melambatnya proses  perkembangan seluruh tubuh.  Kegemukan, atau kekurusan, mudah gugup , lamban, merasa lemah semua akibat dari lemahnya organ ini. Surya Namaskara akan menjaga fungsi organ ini bekerja optimal kalau dilatih secara rutin, seperti Hasthauttanasana, Parvatasana, Bhujangasana, dan asvasancalanasana pengaruhnya sanagt ampuh pada daerah leher.

Kelenjar Thymus.Anahata Cakra.

Kelenjar ini terletak tepat di bawah kelenjar Thyroid, yang membentang dari pangkal tenggorokan ke dada. Kelenjar ini membentuk antibody untuk menjaga ketahanan fisik terhadap bakteri, virus,  dan penyusup asing dan kanker yang berkembang dalam tubuh.  Dalam Pranamasana, kita mengalirkan prana pada anahata cakra yang secara pisik berhugungan dengan thymus. Sehingga gerakan ini pada Surya Namaskar akan bermanfaat bagi Thymus.

Kelenjar Adrenalin, Manipura cakra.

 Kelenjar adrenalin adalah merupakan dua bagian kecil yang terletak  di puncak ginjal, yang mengeluarkan sejumlah hormone berbeda , Ketika kita berhadapan pada situasi bahaya, kelenjar Adrenalin akan melepaskan hormone yang dengan jumlah besar pada darah untuk membantu mengatasi keadaan darurat ini. Ini bertindak segera pada semua organ vital, mempercepat detak jantung dan pernafasan, meningkatkan tekanan darah menegangkan otot-otot rangka.menghentikan proses pencernaan, menyebabkan rambut berdiri dan bulu kuduk merinding dll. Kita akan merasakan takut-tiba-tiba dan akan merasakan tegang dan siaga. Ini semua karena reaksi adrenalin. Apabila produksi hormone disini terlalu banyak, manusia akan hidup tegang dan cemas, tanpa dia tahu apa penyebabnya.  Ini akan diperburuk lagi pada lingkunan kehidupan yang penuh persaingan. Tapi begitu juga sebaliknya, kalau hormone kekurangan, akan mengakibatkan kebodohan dan kurang peka terhadap rangsangan luar.  Ini juga penting untk produksi hormone sexsual.  Gerakan surya namaskara, akan selalu menjaga keseimbangan kelenjar ini, dengan melakukan penakanan dan pemijatan otot dan organ perut.

Pankreas, Swadhistana cakra.

Pankreas terletak di bagian belakang perut setingkat dengan solar plexus.  Ini akan membentuk hormone insulin, yang mengendalikan kemampuan tubuh untuk menyimpan dan menggunakan gula. Produksi insulin berlebihan membuat tubuh tidak mampu mencerna gula dan akhirnya melepas gula kedalam darah dan juga pada air seni. Penyakit ini bernama diabetes. Surya namaskara akan memberikan tekanan ke perut dank e pancreas selamam melengkungkan tubuh kebelakang selama Bhujangasana.

Organ Reproduksi, Swadhistana Cakra.

Kelenjar ini berfungsi mengatur produksi sperma dan ovum dan perkembangan alat kelamin sekunder., seperti pertumbuhan bulu-bulu, perubahan suara, pada wanita menstruasi dan pertumbuhan payudara. Dengan melakukan gerakan surya namaskara khususnya Bhujangasana, Padahastasana, dan Asvasancalasana, otot –otot derh reproduksi diperkuat dan system nya bekerja optimal.

Secara jelas seluruh kelenjar ini dapat dipelihara kesehatannya dengan melakukan Surya namaskara secara rutin

Manipulasi Tulang Belakang.

Semua gerakan pada surya namaskara, dikbangkitkan sekitar pelengkungan kebelakang dan kedepan  dari tulang belakang.  Pelenturan secara bergantian dari tulang belakang ini sangat berguna bagi tubuh yang jarang ditandingi oleh olah raga pisik lainnya.  Rongga tulang belakangmerupakan jalan penuntun bagi susumana, nadhi pusat, yang dilewati energy sakti menuju ubun –ubun. Dengan lenturnya Tulang belakang bukan berguna untk kesehatan pisik semata tapi juga kesehatan spiritual kita.

Pengaruh Surya Namaskara pada otot.

Setipa gerakan Surya Namaskara, akan melatih seluruh otot tubuh kita, demi keselarasan, kekuatan  dan ketenangan energy yang mengalir di dalam diri kita.

Kekuatan Otot.

Latihan Surya Namaskara, bukan untuk mengembangkan atau memperbesar otot-otot, gerakan ini hanya bertujuan untuk meregangkan, menyelaraskan dan meluruskan struktur otot rangka, secara perlahan-lahan memperkuat postur dan kesehatan yang lebih baik dan mengintregasikan fungsi total tubuh yang lebih baik melalui proses pelurusan kembali. Kita harus melihat otot kita saling selaras hubungannya dengan organ lainnya. Kekuatan otot bukan ditentukan oleh  banyaknya tonjolan otot, tapi terletak pada usaha koordinasi dan keselarasan  masing-masing serat dalam otot. Jika terjadi ketegangan yang keras , serat-serat otot tidak cukup panjang. Sehingga alairan energyun akan tidak optimal.

Keseimbangan .

    Gravitasi menggunkan kekuatan pada smua objek.  Setiap bagian dari unsure tubuh manusia, memiliki pusat gravitasi tubuh. Pusat gravitasi ini berubah terus-menerus sesuai posisi tubuh. Pada setiap posisi, baik tidur , duduk dan yang lain keseimbangan ini selalu ada. Keseeimbangan hanya dapat dipertahankan jika gravitasi dinetralkan. Ini terjadi melalui:

-          Tekanan pada sambungan sendi yang satu dengan yang lainnya.

-          Ketahanan jaringan pengikat.

-          Yang menghidupi kontraksi otot-otot yang di koordonasikan oleh system syaraf motor sensorik.

Keseimbangan tubuh membaik jika wilayah yang menyentuh tanah bertambah , karena pusat gravitasi lebih rendah. Keseimbangan bukan statis ia membutuhkan penyesuaian berlanjut dalam kaitannya dengan fluktuasi postur, gerakan, siklus pernafasan dan tigkat kesadaran. Otak kecil bagian belakang memainkan peranan yang amat penting menjaga keseimbangan tubuh.  Otak kecil akan terhubung dan menyatukan infut-infut  dari otot dan saraf indera-indera

Ketenangan.

Dengan gerakan lembut dan selaras dengan alairan nafas, akan memberikan ketenangan pada otot-otot dan seluruh syarap tubuh, dan sebagai akhirnya akan menenangkan hati dan pikiran, sebagai dasar untuk mencapai kesehatan secara menyeluruh. Semoga ajaran ini bermanfaat untuk kita semua, dan alam semesta.

Contac Us:

Guru Made Sumantra

Address: Lungsiakan Rd, Kedewatan, Ubud, Bali, Indonesia.

www.yogahealingbali.com

Call: 087861187825

 

SELAMAT DATANG
Di Website
YOGA HEALING BALI
Balinese Yoga Healing
And Training

Jajak Pendapat

Program Yoga Apa Yang Paling Anda Minati?

View Results

Loading ... Loading ...

Pengunjung

  • Today Visit: 53
  • Yesterday Visit: 283
  • Month Visit: 5497
  • Total Visit: 125376
ubudyogahealingcentre
denpasarypgahealingcentre

Facebook Kami

Jobs, Cars and Top Windows VPS, Cloud Hosting by http://www.accuwebhosting.com/ - rock solid VPS Hosting.